Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Maret, Bandara New Yogyakarta International Airport Bakal Diverifikasi Kemenhub

Sabtu, 16 Februari 2019 – 23:07 WIB
Maret, Bandara New Yogyakarta International Airport Bakal Diverifikasi Kemenhub - JPNN.COM
Bandara Kulon Progo. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, YOGYAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Udara akan melakukan verifikasi Bandara Baru Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport/NYIA) Kulon Progo, pada pertengahan Maret 2019.

“Rencananya 14-15 Maret 2019, sesuai peraturan, Kemenhub akan melakukan verifikasi apakah bandara layak dan sudah boleh dioperasikan atau belum,” ujar General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama di Yogyakarta, Sabtu (16/2).

Bila dinyatakan layak, maka diprediksi minggu pertama April 2019 bandara akan mulai dioperasikan untuk penerbangan internasional, memindahkan dari Bandara Adisutjipto.

Terlebih, saat ini pergerakan di Bandara Adisutjipto sudah 188 per harinya dan 8,6 juta per tahunnya. Jumlah ini dinilai sudah melebihi kapasitas sehingga perlu ada bandara baru.

"Karena Bandara Adisutjipto sudah sangat padat karena itu sudah saatnya Bandara NYIA dioperasikan, di sana slot bisa mencapai 330 penerbangan per hari," tandas Agus.

Sejak dimulai Oktober 2018 secara keseluruhan maka pekerjaan telah 35 persen dan Desember 2019 ditarget selesai 100 persen. Sedangkan untuk pengoperasian layanan penerbangan internasional telah siap 69,7 persen.(chi/jpnn)

Sesuai peraturan, Kemenhub akan melakukan verifikasi apakah bandara layak dan sudah boleh dioperasikan atau belum.

Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close