Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Mas Budiman: Para Politikus yang Bermain-main Politik nanti akan Ditinggalkan

Minggu, 18 Oktober 2020 – 07:15 WIB
Mas Budiman: Para Politikus yang Bermain-main Politik nanti akan Ditinggalkan - JPNN.COM
Budiman Sudjatmiko. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi COVID-19 memaksa revolusi industri untuk berlangsung lebih cepat. Akibatnya, asumsi pengetahuan diri menjadi gugur digantikan oleh kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan algoritma.

Ketua Umum Inovator 4.0, Budiman Sudjatmiko memprediksi akan segara datang era di mana semua keputusan politik dan kekuasaan berdasarkan data. Era tersebut disebut dengan era demokrasi data atau datakrasi.

Dalam era datakrasi ini, berbagai aspek kehidupan manusia akan berubah karena teknologi. Dalam segi politik, kecerdasan buatan melalui teknologi big data akan dapat menghasilkan kebijakan politik yang lebih akurat dan presisi.

Menurut Budiman, para politikus yang bermain-main politik nanti akan ditinggalkan dan digantikan oleh kecerdasan buatan yang memenuhi harapan dan aspirasi rakyat.

“Persiapan kalian para pemuda harus dimulai dari sekarang karena masa depan yang menanti kalian merupakan sebuah era keberlimpahan, termasuk era keberlimpahan data. Era ini merupakan era datakrasi,” ujarnya dalam Webinar 'Kursus Keadilan Sosial' yang digelar oleh Pusat Studi Pancasila Universitas Gadjah Mada (UGM), Sabtu (17/10).

Pada akhirnya, kata dia, nantinya konsep keadilan liberal akan tergerus karena kecanggihan teknologi.

Alumni Cambridge University itu menjelaskan, saat ini ekonomi liberal melahirkan keadilan yang liberal.

Contohnya, buruh dan pabrik sepatu menyepakati kontrak membuat seribu pasang sepatu untuk sebulan dengan gaji yang telah disepakati pula.

loading...