Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Masyarakat Osing Gelar Ritual Barong Ider Bumi

Minggu, 12 September 2010 – 13:51 WIB
Masyarakat Osing Gelar Ritual Barong Ider Bumi - JPNN.COM
Iring-iringan ritual Barong Ider Bumi yang dipercaya masyarakat Osing di Banyuwangi sebagai tolak bala. Foto : Nicha Ratnasari / JPNN
BANYUWANGI - Ratusan suku Osing Desa Kemiren, Banyuwangi, Jawa Timur menggelar upacara adat atau ritual Barong Ider Bumi di Desa Wisata Kemiren, Sabtu (11/9). Masyarakat Osing di Kemiren meyakini ritual Barong Ider Bumi dapat mengusir pagebluk atau penyakit dan bencana yang melanda Kemiren.

Barong Ider Bumi dibawa keliling Desa Kemiren, disertai dengan penebaran  uang koin dan beras kuning oleh pemimpin iring-iringan. Ritual itu yang diartikan sebagai lambang pengusir lelembut. Sembari iring-iringan berjalan mengelilingi desa Kemiren, para ibu-ibu yang tinggal di desa setempat bertugas untuk menyiapkan makanan yang akan disajikan untuk makan bersama.

Bupati Banyuwangi, Ratna Ayu Lestasi mengharapkan seluruh masyarakat desa Kemiren dapat menjaga tradidi ritual Barong Ider Bumi yang sudah menjadi ciri khas desa Kemiren.  "Saya juga mengimbau kepada seluruh desa dan dinas pariwisata untuk membantu penyelenggaraan ritual Ider Bumi ini. Tradisi ini tidak boleh hilang. Ini sudah menjadi ciri khas Kemiren yang bisa menarik wisatawan domestik dan wisatawan asing untuk datang ke Banyuwangi khususnya Kemiren," ucap Ratna di sela acara.

Ritual itu juga sudah dikenal hingga luar daerah. "Saya berusaha setiap tahun pasti ke Kemiren untuk melihat acara ritual Ider Bumi ini," ujar Erwin salah seorang wisawatan asal Balikpapan ketika ditemui JPNN di sela acara.(Cha/jpnn)

BANYUWANGI - Ratusan suku Osing Desa Kemiren, Banyuwangi, Jawa Timur menggelar upacara adat atau ritual Barong Ider Bumi di Desa Wisata Kemiren,

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close