Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mbak Rerie: Bangkitkan Nilai-nilai Kebangsaan Lewat Semangat Hari Kebangkitan Nasional

Jumat, 21 Mei 2021 – 10:05 WIB
Mbak Rerie: Bangkitkan Nilai-nilai Kebangsaan Lewat Semangat Hari Kebangkitan Nasional - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan semangat Hari Kebangkitan Nasional diharapkan mampu membangkitkan nilai-nilai kebangsaan yang dimiliki anak bangsa untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Mbak Rerie -panggilan Lestari- meyakini sebagian anak bangsa sudah memiliki nilai-nilai luhur yang diwariskan para pendiri bangsa.

"Buktinya saat terjadi bencana nasional, jutaan masyarakat bersatu dan bergerak secara sukarela menyumbangkan harta bendanya untuk membantu para korban bencana," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/5), bertepatan dengan peringatan 113 tahun Hari Kebangkitan Nasional.

Menurut dia, saat ini bangsa Indonesia membutuhkan momentum untuk membangkitkan nilai-nilai kebangsaan yang ada di setiap anak bangsa. Berbagai upaya kreatif sangat diperlukan untuk menciptakan momentum tersebut.

Dia mengatakan nilai-nilai kebangsaan yang diwarisi para pendiri bangsa, seperti yang terkandung dalam Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945, sangat relevan untuk menjadi dasar bersikap bagi anak bangsa untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi bangsa ini

Berbagai tantangan tersebut menurut anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, seperti upaya pengendalian Covid-19, persatuan dan nasionalisme serta kurangnya pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan warisan para pendiri bangsa.

Oleh karena itu, Mbak Rerie berharap nilai-nilai persatuan, gotong-royong dan nasionalisme yang terkandung dalam empat konsensus kebangsaan itu mampu menjawab tantangan yang dihadapi anak bangsa saat ini.

"Berbagai upaya untuk membangkitkan nilai-nilai kebangsaan dari anak bangsa harus terus dilakukan, lewat menanamkan nilai-nilai tersebut dan berbagai upaya untuk membangkitkannya," pungkas Mbak Rerie. (*/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meyakini sebagian anak bangsa sudah memiliki nilai-nilai luhur yang diwariskan para pendiri bangsa.

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close