Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendag Janjikan Perizinan Online pada 2010

Jumat, 23 Oktober 2009 – 14:45 WIB
Mendag Janjikan Perizinan Online pada 2010 - JPNN.COM
JAKARTA - Ini janji Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu soal sistem perizinan perdagangan dalam dan luar negeri. Menurut Mari, pada tahun 2010 mendatang, semua sistem perizinan perdagangan dalam dan luar negeri msudah akan online. "Inatred, layanan perizinan single window di Departemen Perdagangan sebenarnya sudah selesai. Tetapi, belum semua bisa online dan tahun depan kita targetkan sudah online," kata Mari kepada wartawan di Jakarta, Jumat (23/10).

Menurut Mari, saat ini terdapat 74 jenis perizinan yang diterbitkan Direktorat Impor."Namun, baru 50 yang bisa dilayani secara Online melalui situs INATRADE. Sementara perzinan ekspor masih dalam tahap pengembangan menuju online," Mari menambahkan. Inatrade merupakan salah satu perizinan yang menjadi bagian dari National Single Window (NSW). Sedangkan NSW merupakan sistem layanan ekspor -impor online terpadu antar berbagai instansi.

Saat ini, Indonesia sedang melakukan ujicoba NSW dengan Filipina, sebelumnya juga telah dilakukan ujicoba pertukaran Surat Keterangan Asal (SKA) dengan Malaysia. ASEANB menargetkan terhubungnya NSW masing-masing anggota menjadi ASEANB Single Window (ASW) pada akhir 2009 ini. Namun, hingga kini masih terjadi perdebatan antar negara anggota ASEAN terkait sistem.(aj/jpnn)

JAKARTA - Ini janji Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu soal sistem perizinan perdagangan dalam dan luar negeri. Menurut Mari, pada tahun 2010

Redaktur & Reporter : Auri Jaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA