Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendagri Tito Dorong Pemda Realisasikan APBD dengan Belanja Produk Lokal

Kamis, 02 Juni 2022 – 15:40 WIB
Mendagri Tito Dorong Pemda Realisasikan APBD dengan Belanja Produk Lokal - JPNN.COM
Mendagri Tito Karnavian meminta pemerintah daerah merealisasikan APBD dengan belanja produk dalam negeri. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta pemerintah daerah merealisasikan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dengan membeli produk dalam negeri.

Menurut dia, hal itu perlu dilakukan untuk mendukung gerakan Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan Presiden Jokowi.

Tito menjelaskan, gerakan tersebut merupakan kebijakan positif untuk mendorong produksi dan konsumsi produk dalam negeri.

"Kebijakan ini sangat positif, yaitu mendorong produksi dalam negeri, penggunaan barang dalam negeri," kata Tito di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (2/6).

Karena itu, Kemendagri bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) telah menerbitkan dua surat edaran bersama (SEB).

Surat yang dimaksud ialah SEB 027/2929/SJ tentang Percepatan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa dalam Pengelolaan Keuangan Daerah serta SEB Nomor 027/1022/SJ dan Nomor 1 Tahun 2022 tentang Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pengadaan Barang/Jasa di Lingkungan Pemerintah Daerah.

"Saya membuat surat edaran kepada teman-teman kepala daerah. Saya sudah mengunci bahwa APBD tidak akan approved kalau tidak dilampirkan dengan daftar rencana pembelian barang dalam negeri 40 persen,” tegas mantan Kapolri itu. (mcr9/jpnn)


Mendagri Tito Karnavian meminta pemerintah daerah agar realisasi APBD bisa menggunakan produk lokal

Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close