Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendagri Tito Karnavian Tunjuk Makmur Mabun jadi Pj Bupati Penajam Paser Utara

Senin, 18 September 2023 – 06:57 WIB
Mendagri Tito Karnavian Tunjuk Makmur Mabun jadi Pj Bupati Penajam Paser Utara - JPNN.COM
Direktur Produk Hukum Daerah Ditjen Otda Kemendagri Makmur Mabun (tengah) ditunjuk sebagai Pj Bupati Penajam Paser Utara. Dia akan menggantikan Hamdam Pongrewa (dua dari kiri) yang akan berakhir masa jabatannya sebagai Bupati PPU pada Selasa (19/9) besok. Foto: Antara/HO Humas Pemkab PPU

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian telah menandatangani surat keputusan terkait penunjukan penjabat Bupati Penajam Paser Utara (PPU).

Mendagri Tito menunjuk Makmur Marbun menjabat sebagai Pj Bupati PPU menggantikan Hamdan Pongrewa yang berakhir masa jabatan pada Selasa (19/9) besok.

Makmur Marbun merupakan pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang merupakan bawahan Mendagri Tito.

Dia menjabat sebagai Direktur Produk Hukum Daerah di bawah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri.

Konsultan Hukum Pemkab PPU, Misyad Ahmad menilai penunjukkan Makmur Marbun sebagai penjabat bupati sudah sangat tepat untuk membantu daerahnya menghadapi kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Beliau diperintahkan langsung Presiden Joko Widodo untuk membantu masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara," kata Misyad Ahmad.

Misyad berharap kehadiran Makmur Marbun dapat membantu menyelesaikan pekerjaan rumah pemerintah kabupaten setempat yang belum terselesaikan.

"Komunikasi beliau cukup bagus serta memiliki akses yang baik dan mumpuni dengan pemerintah pusat sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan rumah dengan cepat," katanya.

Percepatan penyelesaian pekerjaan rumah tersebut, lanjut Misyad Ahmad, agar aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara tidak tertinggal dengan kehadiran IKN, ibu kota masa depan Indonesia.

Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setkab PPU Nicko Herlambang menambahkan Bupati Hamdan Pongrewa) sudah bertemu dengan Makmur Marbun yang akan menggantikannya.

"Bupati dan Pj melakukan diskusi mengenai kondisi Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai daerah asal IKN Nusantara," kata Nicko Herlambang.

Makmur Marbun akan menjabat sebagai Pj Bupati PPU sampai terpilihnya kepala daerah yang definitif pada Pilkada 2024.

Masa kepemimpinan Hamdam Pongrewa yang berakhir besok (19/9) telah diumumkan DPRD Kabupaten PPU pada Rabu (6/9) lalu.

Nicko menyampaikan serah terima jabatan dari Hamdam Pongrewa kepada Makmur Marbun sebagai Pj Bupati PPU dijadwalkan dilaksanakan di Kantor Gubernur Kaltim di Samarinda pada Rabu (19/9) besok). (antara/jpnn)

Direktur Produk Hukum Daerah Ditjen Otda Kemendagri Makmur Mabun ditunjuk menjadi Pj Bupati Penajam Paser Utara

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close