Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menkes Terawan: Seluruh Dunia Sama Keputusannya

Selasa, 03 Maret 2020 – 09:11 WIB
Menkes Terawan: Seluruh Dunia Sama Keputusannya - JPNN.COM
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menkes Terawan Agus Putranto mengatakan pemakaian masker disarankan hanya bagi mereka yang sedang sakit.

Menurut Terawam, seseorang dalam kondisi sehat tidak dianjurkan memakai masker.

"Yang pakai masker itu yang sakit. Yang tidak sakit, yang sehat tidak perlu pakai masker," kata Menkes dalam konferensi pers di Kemenkes, Jakarta, Senin (2/3).

Terawan mengatakan anjuran itu didasarkan pada keputusan baik dari WHO (World Health Organization) maupun dari Amerika Serikat (AS). "Seluruh dunia sama keputusannya," katanya.

Anjuran memakai masker bagi orang yang sakit diperlukan agar penderita tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain, sedangkan pemakaian masker pada orang yang sehat dinilai tidak efektif.

"Kalau yang sehat perlindungannya jelas, kebersihan dan imunitas. Kalau teman dekatnya sakit jangan didekati. Itu sangat penting dalam pergaulan sehari-hari. Menjaga diri kita sehat menurut saya itu hal mutlak," katanya.

Terkait dua warga Indonesia yang teridentifikasi positif terkena virus Covid-19, Menkes Terawan mengatakan saat ini kondisi kedua pasien baik-baik saja. "Mereka kondisinya baik," katanya.

Terawan berjanji akan memantau keadaan pasien setiap hari dan menyampaikannya kepada masyarakat jika pasien menghendakinya. (antara/jpnn)

Menurut Menkes Terawan Agus Putranto, seseorang dalam kondisi sehat tidak dianjurkan memakai masker untuk mencegah terjangkiti virus corona.

Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close