Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

MenPAN&RB: Budaya Malu PNS Masih Kurang

Selasa, 06 Maret 2012 – 19:09 WIB
MenPAN&RB: Budaya Malu PNS Masih Kurang - JPNN.COM
JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN&RB) Azwar Abubakar mengharapkan setiap PNS harus siap menghadapi perubahan. Jangan bersifat pasif dan diam karena merasa sudah mapan.

“Budaya PNS yang cuma datang contreng absen, main game atau facebookan, makan siang setelah itu pulang, harus diubah,” tegasnya di Jakarta, Selasa (6/3).

Ditambahkan mantan Plt Gubernur Aceh ini, banyak PNS yang tidak memiliki jiwa melayani, kurang punya rasa malu saat melayani masyarakat. “Mereka tidak malu kalau ada orang yang sampai tiga kali mengurus sesuatu tetapi belum selesai-selesai. Masih ada istilah 'Kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah?. Anehnya, kalau ada orang yang mendapatkan kemudahan, pulang dengan puas dan tersenyum malah kurang senang. Lantaran dia tidak mendapatkan imbalan.” tuturnya.

Dia juga mengkritisi birokrasi di Indonesia yang terlalu gemuk dan kurang efektif, sumber daya aparatur kelebihan sekaligus kekurangan. Artinya yang kemampuannya sama berlebihan. Sebaliknya yang punya kemampuan lebih dan dibutuhkan organisasi malah kurang jumlahnya.“Orangnya sih banyak, tapi didominasi tenaga yang tidak dibutuhkan,” tambahnya. (Esy/jpnn)

JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN&RB) Azwar Abubakar mengharapkan setiap PNS harus siap menghadapi

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA