Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Asman Kasih Bocoran Soal Tes CPNS 2018

Jumat, 16 Maret 2018 – 14:24 WIB
Menteri Asman Kasih Bocoran Soal Tes CPNS 2018 - JPNN.COM
MenPAN-RB Asman Abnur. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur memastikan seleksi CPNS 2018 akan menggunakan sistem online. Mulai pendaftaran hingga tes dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Namun ada hal baru dalam tes kompetensi dasar (TKD) tahun ini. Bila sebelumnya peserta dihadapkan dengan soal-soal menjebak, tahun ini tidak ada lagi. Soal-soal menjebak menurut Menteri Asman tidak layak lagi untuk diujikan kepada peserta.

"Enggak boleh lagi ada soal-soal yang menjebak. Orang sepintar apa pun kalau diberi soal menjebak pasti salah," kata Menteri Asman, Jumat (16/3).

Seperti tahun-tahun sebelumnya soal-soal CPNS disusun oleh konsorsium perguruan tinggi. Tingkat kesulitannya disesuaikan dengan wilayah yang akan diujikan.

Menteri Asman mengungkapkan, sudah meminta kepada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) agar soal-soal CPNS tahun ini tidak lagi menjebak.

"Sampai saat ini sudah ada 15 ribu soal baru yang masuk dalam bank soal. Soal-soal ini tidak ada unsur menjebaknya. Jadi akan memudahkan peserta tes," tandasnya.

Rencananya, tes CPNS dimulai Juni hingga Juli mendatang. Sedangkan pengumuman dilaksanakan Mei. (esy/jpnn)

Menteri Asman Abnur sudah berkoordinasi dengan Kemenristekdikti terkait soal tes CPNS 2018.

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close