Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Basuki: Rumah Dinas Menteri di IKN Selesai Juli 2024

Selasa, 07 Mei 2024 – 09:35 WIB
Menteri Basuki: Rumah Dinas Menteri di IKN Selesai Juli 2024 - JPNN.COM
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono berswafoto di rumah dinasnya di IKN, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2024). ANTARA/Muzdaffar Fauzan.

jpnn.com - KALTIM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa progres pengerjaan rumah dinas 36 menteri Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, sudah mencapai 87 persen. Pengerjaan rumah menteri di IKN itu ditargetkan rampung secara menyeluruh pada Juli 2024 mendatang.

"87 persen, tetapi nanti Juli pasti sudah 36 rumah," kata Menteri Basuki saat peninjauan rumah dinasnya di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di IKN, Kaltim, Selasa (7/5).

Menteri Basuki menyampaikan rumah dua lantai dengan empat kamar tidur tersebut secara bangunan, mulai dari fisik material, hingga arsitektural interior menggunakan produk dalam negeri. Sehingga, kata dia, hal itu turut mendorong program tingkat komponen dalam negeri (TKDN) menjadi lebih optimal. "Cuma sistem smart home-nya saja yang tidak TKDN," ungkapnya.

Dia pun mengatakan untuk suplai daya yang dipakai dalam rumah menteri tersebut menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkekuatan 6.600 watt yang bisa mencukupi kebutuhan pasokan listrik rumah dinas secara menyeluruh.

Selain itu, Basuki juga memastikan suplai air yang berasal dari reservoir KIPP cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah dinas, serta air yang terdistribusi bisa diminum secara langsung.

Sebelumnya, Menteri Basuki mengatakan Istana Negara dan Kantor Presiden di IKN, Kaltim, saat ini sudah memasuki pengerjaan arsitektural interior.

"Istana itu sudah 67 persen, nanti Juni sudah selesai, sekarang sudah pengerjaan arsitektural, pekerjaan interior, ukiran, dan sebagainya. Kantor Presiden itu sudah 80 persen lebih. Jadi, semuanya insyaallah selesai pada bulan Juni," kata dia saat meninjau infrastruktur Kawasan Istana Presiden (KIP) di IKN, Senin (6/5/2024).

Basuki menyampaikan secara garis besar barang yang dijadikan sebagai interior di Istana Negara maupun Kantor Presiden berasal dari dalam negeri, seperti Lampu dan ukiran yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB), serta Boyolali. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pengerjaan rumah dinas menteri di IKN sudah 87 persen. Ditargetkan selesai Juli 2024.

Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close