Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Halim Sambut Positif Percepatan Pencairan Dana Desa

Rabu, 29 Januari 2020 – 12:19 WIB
Menteri Halim Sambut Positif Percepatan Pencairan Dana Desa - JPNN.COM
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. Foto: Humas Kemendes PDTT

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyambut positif percepatan proses pencairan Dana Desa tahun 2020. Dia juga mengucapkan rasa syukurnya karena dana desa sebesar Rp72 miliar itu telah dicairkan mencapai 40 persen pada tahap pertama ini.

"Percepatan pencairan ini bagus karena dana desa dibutuhkan agar bisa segera beri manfaat untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat," kata Menteri Halim, Rabu (29/1).

Menteri Halim dijadwalkan hari ini bakal menggelar video conference dengan sejumlah pihak terkait dengan percepatan pencairan dana desa ini di Kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT)

Dia dijadwalkan berbicara dengan Kepala Daerah diantaranya Bupati Balangan Kalimantan Selatan Ansharuddin, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di daerah hingga sejumlah Kepala Desa (Kades) yang telah sukses mencairkan desa di awal tahun 2020 ini.

Sebelumnya, Menteri Halim mengatakan, efektivitas program Dana Desa dan eksistensi Kementerian yang dipimpinnya, diukur ketika semua warga desa sudah merasakan adanya Dana Desa dan manfaatnya. Ini adalah salah satu indikator kesuksesan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab.

“Cara berpikir kita hari ini adalah membangun paradigma, dimana kita menuju kepada rasa kepemilikan dan pengakuan oleh warga desa, bahwa Dana Desa memang memberi manfaat. Semua instrumen yang ada kita gerakan untuk mewujudkan suatu situasi bahwa masyarakat merasakan manfaat Dana Desa,” kata Menteri Halim

Menteri Halim hendak mengetahui secara mendalam soal strategi atau kiat-kiat yang diperlukan untuk mempercepat pencairan dana desa. Dia juga ingin mengetahui efektifitas dana desa bagi masyarakat dan manfaat yang dirasakan oleh warga desa. (ikl/jpnn)

Mendes Halim bersyukur karena dana desa sebesar Rp 72 miliar telah dicairkan mencapai 40 persen pada tahan pertama.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close