Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Microsoft Stop Jual Windows XP

Selasa, 01 Juli 2008 – 10:25 WIB
Microsoft Stop Jual Windows XP - JPNN.COM
REDMOND – Mulai Senin (30/6), Microsoft Corp. sudah tidak lagi menjual Windows XP kepada peritel dan produsen komputer berskala besar. Ini adalah cara tegas software raksasa asal Amerika Serikat (AS) tersebut untuk memaksa konsumennya memakai generasi penerus XP, Vista, yang tidak terlalu diminati konsumen.

    Keputusan itu langsung direaksi konsumen yang selama ini sudah nyaman dengan XP. Apalagi, menyusul dihentikannya penjualan sistem operasional komputer buatan Microsoft itu, produsen PC seperti Dell Inc. dan Hewlett-Packard Co. juga berhenti menggunakan XP. ”Mereka yang tidak bisa hidup tanpa XP, terpaksa harus membeli Vista Ultimate atau Vista Business,” ulas The Associated Press (AP).

    Selanjutnya, jika konsumen berkenan, mereka bisa men-downgrade Vista Ultimate atau Vista Business yang sudah mereka beli ke sistem XP lagi. Dengan demikian, konsumen setia XP bisa kembali menggunakan program favorit mereka. Cara memiliki XP kembali dengan cara downgrade semacam itu pun, dianggap sah oleh Microsoft.

    Hingga akhir Januari tahun depan, Microsoft masih mengizinkan beberapa retail komputer berskala besar menjual stok XP mereka. Selain itu, XP juga masih tetap tersedia bagi komputer dan laptop super murah yang sekarang sedang booming, seperti Asus Eee PC. Bahkan, perusahaan yang baru saja ditinggalkan sang pendiri, Bill Gates, tersebut akan memberikan dukungan teknis penuh terhadap XP hingga 2009. Sedikit demi sedikit, Microsoft akan mengurangi porsi dukungannya dan benar-benar mencabutnya pada 2014.

    Beberapa bulan lalu, pimpinan Microsoft yang baru Steve Ballmer menyatakan bakal tetap memasarkan XP setelah 30 Juni. ”Itu jika memang konsumen masih sangat menginginkan (XP),” paparnya saat itu. Tapi, meskipun para konsumen setia XP melayangkan petisi bertajuk Save XP di internet, Microsoft tetap menghentikan penjualannya.

      Konsumen setia XP yang tidak mau menggunakan Vista berharap, Microsoft tetap akan memasarkan sistem operasional favorit mereka itu sampai dikeluarkannya Windows 7. Dalam pernyataan resminya, perusahaan yang dirintis Bill Gates sejak 1975 itu mengumumkan bahwa generasi Windows 7 baru akan dirilis pada 2009 nanti. (AP/hep)

REDMOND – Mulai Senin (30/6), Microsoft Corp. sudah tidak lagi menjual Windows XP kepada peritel dan produsen komputer berskala besar. Ini

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close