Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Militer AS, Jepang dan Korsel Berlatih Menangkal Serangan Korut

Minggu, 16 April 2023 – 23:12 WIB
Militer AS, Jepang dan Korsel Berlatih Menangkal Serangan Korut - JPNN.COM
Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un tertawa bersama pasukannya. Foto: AFP

jpnn.com, SEOUL - Korea Selatan, Amerika Serikat dan Jepang pada perundingan pertahanan tingkat senior ketiga negara di Washington awal pekan in sepakat rutin menggelar latihan pertahanan rudal dan antikapal selam guna menangkal ancaman Korea Utara yang semakin membesar.

Mereka bersepakat dalam Perundingan Trilateral Pertahanan (DTT) pada Jumat (waktu setempat), di tengah ketegangan yang disebabkan uji coba senjata terbaru Pyongyang, termasuk rudal balistik antarbenua Hwasong-18 (ICBM) pada Kamis.

"Perwakilan ketiga negara memutuskan untuk rutin melakukan latihan pertahanan rudal dan antikapal selam guna menangkal dan menghadapi ancaman nuklir dan rudal Korea Utara," kata Kementerian Pertahanan Korea Selatan dalam rilis pers.

Mereka juga melakukan konsultasi tentang cara melanjutkan program pelatihan trilateral, termasuk larangan maritim dan operasi antipembajakan.

Wakil Menteri Pertahanan untuk Kebijakan Korsel Heo Tae-keun, Asisten Menteri Pertahanan AS untuk Urusan Keamanan Indo-Pasifik Ely Ratner dan Direktur Jenderal untuk Kebijakan Pertahanan Jepang Kazuo Masuda memimpin delegasi masing-masing.

DTT sebelumnya diadakan pada 2020. Perundingan itu tidak digelar pada 2021 dan tahun lalu akibat pandemi COVID-19 dan karena Seoul dan Tokyo bersitegang. (ant/dil/jpnn)

Militer Korea Selatan, Amerika Serikat dan Jepang sepakat meningkatkan latihan militer dalam rangka mengantisipasi serangan Korea Utara (Korut)

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close