Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Minta Kado Ultah Istimewa

Obama Inginkan Indiana, Colorado dan Virginia

Rabu, 06 Agustus 2008 – 09:13 WIB
Minta Kado Ultah Istimewa - JPNN.COM
Barack Obama. Foto: AFP
BOSTON – Ulang tahun selalu menjadi momen istimewa dalam perjalanan hidup seseorang. Tidak terkecuali Barack Obama. Lebih-lebih, tahun ini senator Illinois tersebut merayakan hari istimewanya di tengah sorotan banyak orang. Senin 4 Agustus lalu, calon presiden (capres) dari Partai Demokrat itu genap berusia 47 tahun.

”Saya bertanya kepada Barack Obama, apa yang dia inginkan sebagai kado ulang tahun. Dia menjawab, ’Indiana, Colorado dan Virginia,’ tiga swing state yang diharapkan bisa membuatnya menang pada 4 November nanti,” ujar Senator Massachusetts John Kerry.

Namun, kata dia, kado ultah Obama itu baru bisa ”diberikan” beberapa bulan mendatang. Dengan catatan, kampanye Demokrat di tiga kawasan itu sukses.

Dirayakan di State Room, kompleks pemerintahan Boston, ulang tahun Obama dihadiri sekitar 850 teman, kerabat dan pendukungnya. Pesta ulang tahun yang dikemas dalam bentuk penggalangan dana itu diharapkan bisa mengumpulkan dana sebesar USD 5 juta (sekitar Rp 45,8 miliar) untuk Demokrat. Setiap orang yang hadir dalam perayaan tersebut diharuskan membeli tiket yang harganya bervariasi. Mulai dari USD 1.000 (sekitar Rp 9 juta) hingga USD 4.600 (sekitar Rp 41,7 juta) per lembar.

Mereka yang ingin makan malam bersama capres kulit hitam pertama AS itu harus rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli tiket ultah Obama. Yakni, USD 15.000 (sekitar Rp 136 juta) per tiket atau USD 28.500 (sekitar Rp 258,5 juta) untuk tiap pasangan. Panitia ultah Obama mengatakan bahwa jika event itu sukses mengumpulkan dana sesuai target, maka perayaan hari jadi pesaing John McCain itu akan menjadi malam penggalangan dana terbesar.

Diawali dengan lagu Happy Birthday yang didendangkan Harry Connick Jr. dan putri Obama yang berusia 10 tahun, Kate, rangkaian ulang tahun tersebut berjalan meriah. Dari para kerabat dan pendukungnya, politikus keturunan Kenya itu mendapatkan dua bingkisan istimewa. Bingkisan pertama berisi kaus ala Hawaii dengan simbol Red Sox. ”Sebagai penggemar White Sox, kado ini lumayan menyakitkan,” kata Obama. Tapi, dalam bingkisan kedua, dia mendapatkan kaus berlogo White Sox.

Dari dua buah hatinya, Obama mendapatkan sebuah dasi. ”Saya tidak yakin dengan hadiah ini. Apakah dasi ini hadiah ultah yang mereka siapkan khusus untuk saya, atau mereka memberikan dasi ini karena tidak suka dengan dasi saya yang lama,” ujarnya di hadapan wartawan.

Hillary Rodham Clinton, yang kalah bersaing dengan Obama dalam memperebutkan tiket Demokrat, pun dilaporkan ikut sibuk membantu. Pada malam perayaan ulang tahun Obama itu, para pendukung Hillary sukses menggalang dana sebesar USD 700.000 (sekitar Rp 6,3 miliar). Mereka mengatakan bahwa imbauan Hillary untuk mendukung Demokrat melalui Obama sudah mengubah sikap fanatik mereka selama ini. Kini, tujuan mereka hanya satu, mengantarkan Demokrat ke Gedung Putih. (AP/boston.com/hep)

BOSTON – Ulang tahun selalu menjadi momen istimewa dalam perjalanan hidup seseorang. Tidak terkecuali Barack Obama. Lebih-lebih, tahun ini

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close