Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

MPR Mendukung Langkah Menlu Retno Jalin Kerja Sama Hadapi Wabah Corona

Jumat, 21 Februari 2020 – 14:56 WIB
MPR Mendukung Langkah Menlu Retno Jalin Kerja Sama Hadapi Wabah Corona - JPNN.COM
Bamsoet kembali menyalurkan bantuan sosial kepada warga terkena musibah banjir di Kelurahan Cililitan Kecil, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (25/1). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengajak kolaborasi negara-negara di kawasan ASEAN dan Tiongkok untuk mencegah dan memberantas wabah virus corona atau Covid-19.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mendukung langkah Menlu Retno itu. Menurut Bamsoet, salah satu langkah yang diperlukan adalah menyediakan jalur komunikasi hotline antara ASEAN-Tiongkok untuk melakukan pertukaran informasi terbaru guna mencegah, mengendalikan, dan meminimalkan dampak wabah Covid-19.

"Mendorong pemerintah untuk memperkuat mekanisme kerja sama ASEAN-Cina dalam menghadapi krisis wabah endemik Covid-19," ujarnya, Jumat (21/2).

Menurut Bamsoet, salah satu yang harus dilakukan adalah segera merealisasikan usulan pembentukan ASEAN-Cina Ad-Hoc Health Ministers Joint Task Force, yang memfokuskan kerja sama dengan melakukan pertemuan tim ahli. Selain itu juga mendorong riset serta produksi bersama untuk deteksi virus dan vaksin Covid-19.

Mantan ketua DPR itu juga mendorong negara-negara ASEAN dan Tiongkok untuk memperkuat strategi komunikasi. Hal ini mengingat komunikasi dan edukasi publik terkait wabah Covid-19 sangat penting. "Ini untuk mencegah kepanikan dan kebingungan masyarakat akibat wabah tersebut," ujar Bamsoet.

Sebelumnya diberitakan, Menlu negara ASEAN dan Tiongkok bertemu di Laos. Salah satu yang dibahas ialah persoalan wabah Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Menlu Retno mengajak negara-negara anggota ASEAN dan Tiongkok berkolaborasi mencegah dan memberantas wabah
Covid-19 di kawasan. (boy/jpnn)

Salah satu yang harus dilakukan adalah segera merealisasikan usulan pembentukan ASEAN-Cina Ad-Hoc Health Ministers Joint Task Force.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Bamsoet  MPR  Menlu 
BERITA LAINNYA
X Close