Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Muluskan Jalan TK, PDIP Lobi PKS

Selasa, 15 September 2009 – 13:11 WIB
Muluskan Jalan TK, PDIP Lobi PKS - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA -- Di internal PDI Perjuangan, tampaknya sudah tidak ada persoalan lagi mengenai jatah Ketua Dewan Pertimbangan Partai (Deperpu) Taufiq Kiemas (TK) untuk duduk sebagai Ketua MPR. Karenanya, saat ini penggalangan dukungan lebih diarahkan kepada partai-partai lain agar langkah suami Megawati Soekarnoputri menuju kursi pimpinan MPR berjalan mulus.

Ketua Fraksi PDIP di DPR, Tjahjo Kumolo, mengakui, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merupakan salah satu partai yang kemungkinan besar bakal menjadi ganjalan. Untuk itu, secepatnya petinggi PDIP akan melobi PKS, termasuk PPP. "Kami akan segera memantapkan lobi dengan PPP dan PKS. Kalau dengan Demokrat dan Golkar, kami optimistis bisa mendukung Taufiq Kiemas," ujar Tjahjo di gedung DPR, Senayan, Selasa (15/9).

Seperti diketahui, dari sejumlah partai koalisi pendukung pemerintahan SBY, hanya PKS yang paling kencang berupaya 'menjegal' jalan TK menuju kursi MPR1. Beberapa hari lalu, Presiden PKS Tifatul Sembiring terang-terangan menyatakan kekhawatirannya bila kursi ketua MPR diduduki TK. Alasannya, TK sebagai pimpinan MPR bisa menggulirkan ide impeachment kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. PKS bersikukuh ingin agar ketua MPR kembali dijabat Hidayat Nur Wahid.

Dikatakan Tjahjo, partainya serius untuk memperjuangkan merebut kursi ketua MPR. Saking seriusnya, partai belum membahas masalah siapa yang akan dipilih menjadi wakil ketua DPR.  "Persoalan wakil ketua DPR yang salah satunya didapat PDIP, ditunda pembahasannya. Sekarang kita fokus dulu ke masalah ini (kursi ketua MPR, red)," ucap Tjahjo. Dijelaskan, PDIP juga sudah melobi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, pada Senin (14/9) malam. (sam/JPNN)

JAKARTA -- Di internal PDI Perjuangan, tampaknya sudah tidak ada persoalan lagi mengenai jatah Ketua Dewan Pertimbangan Partai (Deperpu) Taufiq Kiemas

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close