Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nah Lho, NATO Ogah Angkat Kaki dari Irak

Rabu, 07 Maret 2018 – 17:18 WIB
Nah Lho, NATO Ogah Angkat Kaki dari Irak - JPNN.COM
Prajurit berjalan melewati bendera Irak yang berkibar di wilayah Tal Afar. Foto: almasdarnews.com

jpnn.com, BAGHDAD - Setelah mendeklarasikan kekalahan ISIS di Irak, pemerintahan Perdana Menteri (PM) Haider Al Abadi langsung mengimbau kekuatan asing di negerinya untuk pulang.

Pekan lalu, parlemen merancang jadwal kepulangan pasukan-pasukan asing dari Irak. Namun, tidak untuk Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO.

”Kami akan tetap bertahan di sini karena pemerintah Irak yang meminta sendiri,” kata Jens Stoltenberg, pemimpin tertinggi NATO, di sela lawatannya ke Baghdad Senin (5/3) waktu setempat seperti dilansir Al Jazeera.

Tanpa permintaan langsung dari Abadi dan pemerintahannya, dia menegaskan bahwa NATO pun akan angkat kaki dari Irak. Sama seperti kekuatan militer yang lain.

Menurut Stoltenberg, tugas NATO nanti adalah memberikan pelatihan militer kepada pasukan Irak.

”Kami berusaha membekali mereka dengan segala keahlian yang mereka perlukan untuk mempertahankan stabilitas keamanan negara. Terutama mencegah ISIS bangkit lagi,” ujarnya.

Senin itu, Stoltenberg menggelar pertemuan empat mata dengan Abadi, kemudian mengecek kesiapan fasilitas pelatihan militer. (hep/c25/sof)

Pekan lalu, parlemen merancang jadwal kepulangan pasukan-pasukan asing dari Irak. Namun, tidak untuk Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO.

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close