Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nasihat Abah Ma'ruf untuk Semangati Para Santri

Sabtu, 30 Maret 2019 – 23:57 WIB
Nasihat Abah Ma'ruf untuk Semangati Para Santri - JPNN.COM
KH Ma'ruf Amin dan Nyai Wury Estu Handayani saat menghadiri pembukaan Kongres Santri dan Rakernas FSN di Jakarta, Sabtu (30/3). Foto: FSN for JPG

jpnn.com, JAKARTA - Calon Wakil Presiden (Cawapres) 01 KH Ma’ruf Amin terus mendorong kalangan santri terus menempa diri. Mantan rais am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu mengatakan, para santri harus mengambil peran untuk memajukan Indonesia.

Kiai Ma’ruf menyampaikan hal itu saat membuka Kongres dan Rapat Kerja Forum Santri Nasional (FSN) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Sabtu (31/3). Menurutnya, para santri harus percaya diri mengambil peran. “Membangun kepercayaan diri santri untuk mengambil peran peran yang lebih besar menuju tercapainya Indonesia maju,” ujar Kiai Ma’ruf.

Ketua umum nonaktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menambahkan, juga perlu mengembangkan diri dalam bidang ekonomi. Abah -panggilan akrabnya- menjelaskan, santri yang mandiri dan mampu berwirausaha akan memiliki kontribusi penting bagi negara.

“Kita harus membangun pemberdayaan. Harus mampu mandiri. Santri yang bagus itu yang pintar mengaji juga pintar berwirausaha. Juga profesional di bidang profesinya masing-masing,” ujarnya.

Karena itu Kiai Ma’ruf mengapresiasi FSN yang telah meluncurkan program bernama Gus Iwan. Nama itu merupakan akronim dari santri bagus yang pintar mengaji dan usahawan.

Kiai Ma’rif mengatakan, santri memang harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Namun, katanya, kaidah al-muhafadzotu 'ala maqadimissahlih, wal akhdzu biljadidil ashlah atau menjaga hal lama yang masih baik dan mengambil hal baru yang lebih baik harus tetap menjadi acuan para santri.

“Santri-santri zaman now harus adaptable (bisa beradaptasi, red). Ini zamannya sudah zaman 4.0. Santri pasti mampu beradaptasi di segala zaman,” harapnya.

Pada kesempatan sama Ketua Panitia Kongres Rapat Kerja FSN Gus Arif Rahmansyah Marbun mengungkapkan, organisasinya terus berupaya membangun sinergi untuk memajukan Indonesia melalui gerakan keumatan dan kebangsaan. “Forum Santri Nasional sebagaimana kita cita-citakan adalah rumah besar santri, yang akan menjadi ladang khidmat bagi para santri-santri unggulan, agar santri makin maju, mandiri dan makin berdaya,” ujarnya.(jpg/jpnn)

KH Ma’ruf Amin terus mendorong kalangan santri terus menempa diri agar bisa mengambil peran dalam memajukan Indonesia, termasuk dengan menjadi wirausahawan.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close