Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Negara NATO Tak Berdaya, Italia Andalkan Bantuan Tiongkok dan Rusia

Minggu, 22 Maret 2020 – 23:55 WIB
Negara NATO Tak Berdaya, Italia Andalkan Bantuan Tiongkok dan Rusia - JPNN.COM
Italia menjadi negara terparah pandemi virus corona di Eropa. Foto: AFP

jpnn.com, MOSKOW - Italia terus mendapat bantuan dari negara asing dalam perjuangannya melawan wabah virus corona. Setelah Tiongkok, kini giliran Rusia yang mengirim bantuan medis ke negara anggota NATO tersebut.

Atas perintah Presiden Vladimir Putin, militer Rusia mulai menerbangkan bantuan medis ke Italia, sebuah aksi yang oleh Moskow diberi label From Russia with Love.

Pesawat militer raksasa Il-76 mulai lepas landas dari pangkalan udara di wilayah Moskow, Minggu (22/3). Sehari sebelumnya, Putin telah berbicara dengan Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte dan kesepakatan kemudian dicapai antara masing-masing menteri pertahanan kedua negara.

Kremlin mengatakan Putin telah menyatakan dukungannya kepada para pemimpin dan orang-orang Italia dalam situasi sangat sulit yang mereka hadapi dan telah memperhatikan permintaan bantuan dari Italia.

Italia mencatat hampir 800 kematian akibat virus corona pada Sabtu, menjadikan korban di negara yang paling terpukul di dunia itu menjadi hampir 5.000, dari lebih 53.000 infeksi yang dilaporkan.

"Giuseppe Conte menyatakan rasa terima kasihnya yang tulus atas langkah yang diambil Rusia untuk mendukung Italia pada saat yang sulit untuk negara itu," kata Kremlin.

Moskow telah berusaha membangun hubungan dekat dengan NATO dan anggota Uni Eropa, Italia, dalam beberapa tahun terakhir. Moskow meminta Roma membantu membujuk Uni Eropa untuk mencabut sanksi yang dikenakan atas aneksasi Rusia atas Ukraina dari Krimea pada 2014---meskipun sanksi itu tetap ada.

Tiongkok, tempat asal mula wabah virus corona, telah lebih dulu mengirim pasokan medis ke Italia. Sementara itu, sekutu-sekutu Italia di NATO seperti Amerika Serikat, Inggris dan Prancis justru tidak berdaya untuk membantu. (ant/dil/jpnn)

Italia terus mendapat bantuan dari negara asing dalam perjuangannya melawan wabah virus corona. Setelah Tiongkok, kini giliran Rusia yang mengirim bantuan medis ke negara anggota NATO tersebut

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Fokus Tiga

    Minggu, 14 April 2024 – 07:09 WIB
    Fokus Tiga - JPNN.com
  • ABC Indonesia

    Dunia Hari Ini: Tiongkok Uji Coba Kereta Cepat Terbaru, Incar Kecepatan 4.000km per jam

    Jumat, 12 April 2024 – 23:39 WIB
    Dunia Hari Ini: Tiongkok Uji Coba Kereta Cepat Terbaru, Incar Kecepatan 4.000km per jam - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Pula Bowa

    Kamis, 11 April 2024 – 07:47 WIB
    Pula Bowa - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Kafe Planologi

    Selasa, 09 April 2024 – 07:07 WIB
    Kafe Planologi - JPNN.com
X Close