Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

NU Ingatkan Pemerintah Tak Obral Migas untuk Swasta

Minggu, 10 November 2013 – 15:15 WIB
NU Ingatkan Pemerintah Tak Obral Migas untuk Swasta - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meminta pemerintah untuk menghentikan kebijakan liberalisasi di sektor pertambangan dan energi. Menurut Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj, liberalisasi sektor pertambangan dan energi dapat menghancurkan kedaulatan nasional di bidang energi.

Said menegaskan, sejak zaman dahulu sumber daya alam tidak semestinya dileberalisasikan. "Justru harus mendapat perlindungan dan proteksi oleh negara dari tangan-tangan yang hanya mementingkan kelompok atau golongan tertentu," katanya di Jakarta Minggu (10/11).

Karenanya, PBNU mendukung upaya pemerintah memperkuat ketahanan energi nasional. Selain itu, PBNU juga mendorong pemerintah untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur gas bumi di Indonesia. "Sehingga seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati energi yang terjangkau, oleh semua lapisan masyarakat," ujarnya.

Sedangkan Wakil Ketua Lembaga Perekonomian NU, Fahmi Harsandono Matori menyatakan bahwa pemerintah dalam tata niaga gas harus memprioritaskan kebutuhan dalam negeri. Menurutnya, hal ini sangat penting untuk menjaga keamanan pasokan kebutuhan domestik sekaligus memperkuat daya belu konsumen dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

"Sehingga sangatlah penting pembangunan infrastruktur energi, sebagai langkah praksis dari pemerintah," jelas Fahmi yang juga  Wakil Ketua Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) itu.

Seperti diketahui, Mahkamah Konstitusi dalam putusan atas uji materi UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Migas  menyatakan bahwa mekanisme penentuan harga migas tidak boleh diserahkan kepada mekanisme pasar. Dalam putusan itu, MK juga membubarkan keberadaan BP Migas.(boy/jpnn)

JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meminta pemerintah untuk menghentikan kebijakan liberalisasi di sektor pertambangan dan energi. Menurut

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close