Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Okupansi Mudik Gratis Arus Balik Capai 75 Persen

Kamis, 21 Juni 2018 – 16:28 WIB
Okupansi Mudik Gratis Arus Balik Capai 75 Persen - JPNN.COM
Pemudik naik kapal. Ilustrasi Foto: Agus Pece/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima penumpang peserta mudik gratis dengan kapal di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Rabu (20/6) kemarin. Dalam kesempatan ini Budi mengatakan okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini mencapai 75 persen.

"Untuk arus balik ini okupansinya 70-75 persen," ujar Budi lewat keterangan persnya.

Dengan okupansi yang cukup tinggi ini, Kementerian Perhubungan sepakat untuk meningkatkan kapasitas dan tingkat pelayanan program mudik gratis tahun depan.

Untuk kapasitas program mudik gratis tahun depan direncanakan akan ditingkatkan hingga tiga kali lipat dari jumlah tahun ini. Selain itu, Kementerian Perhubungan juga akan memaksimalkan sosialiasi program ini.

"Saya akan upayakan tiga kali lipat, jadi kalau bisa kuota jadi 100 ribu. Cuma nanti akan diliat ketersediaan kapalnya. Keluhan dari para pemudik tadi adalah sosialisasi belum maksimal, tapi kalau sekarang kami sudah punya modal 25 ribu itu lebih mudah meningkatkan menjadi 50 ribu. Data basenya kami ada semua, kami bisa sampaikan kepada mereka dan jadi bisa lebih banyak," tutur Budi.

Program mudik gratis yang diselenggrakan ini diharapkan bisa menjadi moda baru untuk menyelesaikan masalah kepadatan volume kendaraan pada arus mudik dan arus balik angkutan lebaran tahun ini.

"Tahun ini paling tidak ada 30 ribu pemudik dan ada 15 ribu motor yang berpindah ke mudik gratis. Dan ini bisa menjadi suatu moda baru untuk menyelesaikan masalah," tandas Budi.(chi/jpnn)

 

Dengan okupansi yang cukup tinggi ini, Kementerian Perhubungan sepakat untuk meningkatkan kapasitas dan tingkat pelayanan program mudik gratis tahun depan.

Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close