Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pak Jokowi Pengin Data Kasus COVID-19 Akurat dan Dibuka untuk Publik

Senin, 13 April 2020 – 13:26 WIB
Pak Jokowi Pengin Data Kasus COVID-19 Akurat dan Dibuka untuk Publik - JPNN.COM
Joko Widodo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta jajarannya menyajikan data jumlah pasien virus corona (COVID-19) secara akurat dan terintegrasi. Kepala negara yang beken dengan panggilan Jokowi itu menginginkan pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pantauan (ODP) serta yang positif, sembuh dan meninggal terdata dengan baik.

"Saya minta data informasi ini betul-betul terintegrasi, semua kementerian masuk ke Gugus Tugas (Percepatan Penanganan COVID-19),” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas melalui telekonferensi, Senin (13/4).

Dengan data yang valid, kata Jokowi, pemerintah bisa melihat kondisi dan mencari solusinya. Oleh karena itu Jokowi menginginkan pendataan itu harus lebih baik dan teris diperbarui.

"Sekali lagi data terpadu ini menyangkut PDP, ODP, yang positif, yang sembuh, yang meninggal, jumlah untuk yang sudah di-PCR (polymerase chain reaction, red) berapa, ada semuanya dan terbuka sehingga semua orang bisa mengakses data ini dengan baik," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menginginkan jangkauan tes PCR diperluas. Tujuannya adalah mengurangi penumpukan pemeriksaan sampel, terutama di daerah episentrum virus corona.

Jokowi menambahkan, saat ini sudah ada 29 laboratorium yang bisa mengakses PCR. Menurutnya, akan ada 78 laboratorium yang bisa mengakses PCR ini.

Menurutnya, hingga saat ini jumlah tes PCR sudah mencapai angka 26.500. “Ini juga lompatan yang baik, tetapi saya ingin agar setiap hari paling tidak kita bisa mengetes lebih dari sepuluh ribu," kata Jokowi.(tan/jpnn)

 

Presiden Jokowi meminta jajarannya menyajikan data jumlah pasien virus corona (COVID-19) secara akurat dan terintegrasi.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close