Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Panen Perdana Jadi Bukti Program Serasi Sukses di Batola

Kamis, 07 November 2019 – 18:08 WIB
Panen Perdana Jadi Bukti Program Serasi Sukses di Batola - JPNN.COM
Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BARITO KUALA - Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) yang dicanangkan Kementerian Pertanian (Kementan) makin menunjukan hasil yang positif.

Salah satu kesuksesan terlihat dari Panen Perdana yang dilaksanakan di Denfarm Serasi di Desa Jejangkit Muara, Batola, Kalimantan Selatan, Rabu (6/11) .

Panen perdana ini dihadiri 2200 peserta yang mewakili petani, penyuluh, peneliti, pemerintah daerah dan masyarakat umum.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy mengungkapkan, lahan ini tadinya belum ada, yang ada hanya hutan.

Kemudian tahun 2017 Kementan melalui Ditjen PSP mulai membuka lahan ini dan membangun infrastruktur dan sebagainya. Sekarang bisa dilihat saat ini sudah menjadi lahan yang produktif.

"Hari ini kita bersama menyaksikan hasil awal dari implementasi program Serasi khususnya di tahun inovasi teknologi pertanian dan untuk tahun pertama di tahun 2019," ujar Sarwo Edhy.

Lebih lanjut Sarwo Edhy mengatakan, sebagian area ini sudah dipanen sejak 28 Oktober yang lalu. Hasilnya mencapai 6,4-7,9 ton per hektar gabah kering panen (GKP).

"Hasil ini sangat menjanjikan untuk peningkatan kesejahteraan petani dibandingkan dengan pertanian konvensional yang selama ini kita tahu hasilnya antara 1,5 ton sampai 3 ton per hektar. Sehingga ada peningkatan 2 sampai 3 kali lipat," kata Sarwo Edhy.

Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) yang dicanangkan Kementerian Pertanian (Kementan) makin menunjukan hasil yang positif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Kementan 
BERITA LAINNYA
X Close