Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pangi Sebut Anies Bakal Diusung Partai Ojek Politik, Cuma Tukang Antar

Kamis, 23 Juni 2022 – 18:27 WIB
Pangi Sebut Anies Bakal Diusung Partai Ojek Politik, Cuma Tukang Antar - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago mengomentari kans Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diusung sebagai calon presiden meski tak bergabung dengan partai manapun.

Menurut Pangi, pada Pilpres 2024 mendatang akan ada partai yang berperan sebagai 'ojek politik'.

Ungkapan itu disematkan kepada partai politik yang hanya mengantarkan calon nonpartai atau mendukung kader partai lain untuk maju dalam kontestasi elektoral.

Dia menyebut Partai NasDem yang santer dikabarkan bakal mengusung Anies Baswedan sebagai contoh.

Langkah itu menunjukan bahwa Partai NasDem gagal melakukan kaderisasi karena tidak mampu mengusung calon presiden dari kader internalnya sendiri.

“Partai 'ojek politik' mungkin pantas disematkan kepada NasDem. Partai dalam konteks ini bisanya jadi pengantar saja karena hanya bisa mengusung tokoh eksternal maju di pilpres atau pilkada," kata Pangi, Kamis (23/6).

Dia mengatakan NasDem seperti ojek yang mengantarkan seorang tokoh maju menjadi calon presiden atau kepala daerah lalu memiliki kesepakatan tertentu.

"Setelah diantarkan ke kursi presiden atau kepala daerah, lalu dapat deal-deal. Setelah itu, bisa saja pada periode berikutnya pakai partai 'ojek politik' yang sama atau pakai partai ojek politik lainnya tanpa harus jadi kader, tanpa harus mengakar di partai," tutur Pangi.

Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menggunakan istilah ojek politik untuk menyebut partai yang santer dikabarkan bakal mengusung Anies Baswedan ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close