Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemda Didorong Bangun SLB di Desa

Jumat, 28 Agustus 2015 – 14:01 WIB
Pemda Didorong Bangun SLB di Desa - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk mengembangkan pendidikan inklusi.

Selama ini, sekolah luar biasa (SLB) yang melayani anak-anak berkebutuhan khusus, sebagian besar hanya bisa diakses di kabupaten/kota. Padahal banyak anak berkebutuhan khusus tinggalnya di daerah perbatasan (PKLK).

"Banyak SLB didirikan di kabutapen/kota, sedangkan anak-anak yang tinggal di desa dan berkebutuhan khusus sulit menjangkau akses pendidikan khusus dan layanan khusus di kota/kabupaten," kata Kepala Suib Direktorat Program dan Evaluasi Di‎rektorat Pembinaan PKLK Pendidikan Dasar, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemdikbud Harizal, Jumat (28/8).

Untuk menjamin akses pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus, lanjutnya, Kemdikbud mendorong Pemda menjadikan daerahnya ramah terhadap pendidikan inklusi.

Saat ini Kemdikbud sudah melakukan MoU dengan 12 provinsi dan 57 kabupaten/kota untuk mengajak pemda menjadi daerah ramah pendidikan inklusi.

"Masih ada sekitar 90 daerah yang belum memiliki akses pendidikan bagi anak-anak kebutuhan khusus. Itu sebabnya Kemdikbud mendorong daerah-daerah tersebut memiliki lembaga pendidikan SLB. Tidak hanya di kota saja, tapi juga desa-desa atau pinggiran kota," paparnya.‎ (esy/jpnn)

 

JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk mengembangkan pendidikan inklusi. Selama ini,

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close