Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Kesulitan Tetapkan Bobot Kelulusan Unas

Rabu, 15 Desember 2010 – 00:50 WIB
Pemerintah Kesulitan Tetapkan Bobot Kelulusan Unas - JPNN.COM
JAKARTA — Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) mengaku kesulitan dalam menentukan nilai bobot kelulusan siswa.  Sebab, usulan formula ujian nasional (Unas) dari Panitia Kerja (Panja) Unas Komisi X DPR RI ternyata tak banyak membantu.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdiknas , Mansyur Ramli, menyatakan bahwa masalah yang harus diselesaikan saat ini adalah pembobotan antara UN dan Ujian Akhir Sekolah (UAS). "Ini masalah krusial sekali. Maka dari itu, hal ini masih dalam pembahasan,” ujar Ramli ketika dihubungi melalui telepon selularnya di Jakarta, Selasa (14/12).

Meski demikian Mansyur menegaskan bahwa masalah pembobotan UN dan UAS sudah ditargetkan harus selesai minggu depan. Namun, sebelum menyelesaikan semua masalah ini, lanjut dia, Kemdiknas juga harus melakukan survei rapor terlebih dahulu.

Dikatakannya, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 72, kelulusan siswa ditentukan setelah memenuhi 4 kriteria. Di antaranya, lulus UAS dan unas, serta nilai rapor 13 mata pelajaran harus mengakomodir pembobotan tertentu.

JAKARTA — Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) mengaku kesulitan dalam menentukan nilai bobot kelulusan siswa.  Sebab, usulan formula

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close