Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Periksa 620 Spesimen dari 25 Provinsi

Minggu, 08 Maret 2020 – 14:50 WIB
Pemerintah Periksa 620 Spesimen dari 25 Provinsi - JPNN.COM
Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto yang ditunjuk jadi Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19/ virus corona. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah Penanganan Corona Achmad Yurianto, mengungkapkan bahwa sekitar 620 spesimen telah diambil untuk diperiksa per hari ini, Minggu (8/3).

620 spesimen tersebut kini dalam pemantauan oleh pemerintah pusat, terutama pemerintah daerah.

"620 spesimen kami ambil di 25 Provinsi. Oleh karena itu, kewaspadaan kita lakukan sudah sistematis di seluruh wilayah negara ini," kata Yuri di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Minggu (8/3).

Yuri melanjutkan, 620 spesimen itu memiliki penyakit flu atau batuk atau pernah menginjakkan kakinya di negara-negara yang terjadi epidemi virus corona. Mereka yang memiliki penyakit flu dan batuk akan dikategorikan di Pasien Dalam Pengawasan (PDP) lalu diobservasi.

"Kemudian kami lakukan isolasi dan diambil spesimennya," jelas dia.

Yuri melanjutkan, apabila PDP dinyatakan negatif virus corona, maka pemerintah akan memulangkannya.

Namun Yuri mengingatkan bahwa mereka harus menerapkan isolasi mandiri yaitu menggunakan masker, mengurangi kontak dengan keluarga dan tidak banyak berkegiatan di luar rumah.

"Kemudian akan dipantau oleh Dinkes setempat, puskes setempat, dicek kondisi kesehatannya setiap hari sampai hari 14. Kalau baik semua dan kami nyatakan tidak masalah, maka bisa bersosialisasi seperti biasa," jelas dia. (tan/jpnn)

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Corona Achmad Yurianto, mengungkapkan bahwa sekitar 620 spesimen telah diambil untuk diperiksa per Minggu (8/3) hari ini.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close