Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pencetakan Soal UN Diawasi CCTV

Rabu, 24 Maret 2010 – 18:35 WIB
Pencetakan Soal UN Diawasi CCTV - JPNN.COM
JAKARTA—Proses pencetakan soal-soal Ujian Nasional (UN) 2010 dikontrol ketat. Perusahaan-perusahaan percetakan yang memenangkan lelang pencetakan soal UN harus mengikuti sistem yang ditentukan oleh penyelenggara UN. Mulai dari prosedur, panduan, pengamanan, dan waktu pencetakan dirancang secara khusus.

"Percetakan bukan bekerja semaunya. Sistemnya juga bukan semaunya. Semua sudah dikontrol dengan sangat ketat oleh dinas (pendidikan)", kata Direktur Utama PT. Balai Pustaka Zaim Uchrowi kepada wartawan di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) , Jakarta , Rabu (24/3).

Zaim mengatakan, para pelaksana teknis pencetakan materi UN adalah karyawan Balai Pustaka dibantu beberapa kontributor tetap. Menurutnya, hal ini akan mempermudah dalam sistem pengamanan. "Orang tidak bisa sembarang keluar masuk dan pintu ditutup.Khusus mengenai Ujian Nasional ini, kalau orang masuk, pakai sepatu dan kaos kaki tidak boleh. Jadi sepatu harus ditanggalkan dan masuk hanya boleh pakai sandal jepit," katanya.

Kemudian, kata dia, untuk proses pencetakan menerapkan standar normal bagi perusahaan percetakan sekuritas yang mendapatkan lisensi dari BIN (Badan Intelijen Negara) untuk melakukan tugas-tugas khusus. "Kita pakai CCTV yang terus memonitor pergerakan dari semua orang," ujarnya.

JAKARTA—Proses pencetakan soal-soal Ujian Nasional (UN) 2010 dikontrol ketat. Perusahaan-perusahaan percetakan yang memenangkan lelang pencetakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close