Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penggunaan Nama Simpang Susun Semanggi Dipuji

Kamis, 11 Mei 2017 – 22:52 WIB
Penggunaan Nama Simpang Susun Semanggi Dipuji - JPNN.COM
Jembatan dengan bentang lengkung terpanjang di Indonesia yakni simpang susun Semanggi berhasil tersambung pada Sabtu (11/3) dini hari. Foto dok Humas Wika

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyerukan ajakan untuk mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik.

Seluruh pemerintah daerah diminta berperan aktif dalam menertibkan penggunaan bahasa asing.

“Pengutamaan bahasa negara merupakan bagian dari literasi kewarganegaraan sepanjang hayat,” kata Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan (BPP) Bahasa Dadang Sunendar, Kamis (11/5).

Ruang publik, menurut Dadang, menjadi barometer komitmen warga bangsa dalam menjaga martabat bahasa Indonesia sebagai bahasa negara.

Fakta penggunaan bahasa negara di berbagai ruang publik, seperti penggunaan untuk nama gedung dan fasilitas publik, atau rambu petunjuk yang menggunakan bahasa asing perlu ditertibkan.

BPP Bahasa mengapresiasi sikap pemprov DKI Jakarta yang mengubah penyebutan proyek Semanggi Interchange menjadi proyek Simpang Susun Semanggi.

"Ini merupakan praktik pengutamaan penggunaan bahasa negara di ruang publik dan bisa menjadi contoh bagi pemerintah daerah lainnya," tandasnya. (esy/jpnn)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyerukan ajakan untuk mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik.

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close