Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengin Kunjungi Museum TNI AD di Tengah Pandemi? Ini Syaratnya

Minggu, 31 Januari 2021 – 09:19 WIB
Pengin Kunjungi Museum TNI AD di Tengah Pandemi? Ini Syaratnya - JPNN.COM
Kepala Museum Pusat TNI AD Kapten Caj (K) Yanti Murdiani. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama memastikan tetap beroperasi selama pandemi Covid-19.

Masyarakat pun bisa berkunjung dan berkreasi ke sana dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Museum Pusat TNI AD Kapten Caj (K) Yanti Murdiani menerangkan, pihaknya juga menerapkan protokol kesehatan ketat, dari mengatur jumlah kunjungan hingga pembersihan museum menggunakan cairan disinfektan secara rutin.

"Untuk masyarakat bisa berkunjung ke sini langsung, kami buka setiap hari kecuali Senin atau hari libur nasional. Kami tidak berbayar," ujar dia dalam keterangannya, Sabtu (30/1) malam.

Diketahui, museum tersebut diresmikan sejak 30 Agustus 1982. Pengoperasiannya berada di bawah Dinas Sejarah Angkatan Darat (Disjarahad) dan dikelola oleh Badan Pelaksana Museum dan Monumen Pusat yang saat ini berada di bawah kepemimpinan Kolonel Inf Andi Muhammad Suryadarman.

Pada 1904 gedung ini dibangun saat masa pemerintahan Hindia Belanda kemudian sekitar 1945 sampai dengan 1948 Museum Dharma Wiratama dijadikan Markas Besar Tertinggi Tentara Keamanan Rakyat di bawah kepemimpinan Jenderal Soedirman.

Pada 2018 museum mengubah tata pamer koleksi kemudian dilengkapi dengan dukungan teknologi terkini dan pencahayaan menarik, tampilan instalasi weapon box merupakan salah satu master piece yang dimiliki Museum TNi AD Dharma Wiratama saat ini.

“Koleksi yang dimiliki secara keseluruhan itu 4302 unit yang terdiri dari dua jenis, yaitu koleksi senjata dan non senjata, untuk senjatanya sendiri jumlahnya 1120 unit dan 3182 unit non senjata. Untuk weapon box itu kurang lebih terdapat 800 unit dari berbagai jenis senjata,” kata dia. (cuy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama memastikan tetap beroperasi selama pandemi Covid-19.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close