Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penjualan Pelumas Capai Rp5 Triliun

Kamis, 21 Agustus 2008 – 15:04 WIB
Penjualan Pelumas Capai Rp5 Triliun - JPNN.COM

jpnn.com -

JAKARTA-Nilai penjualan pelumas Pertamina hingga semester akhir 2008 mencapai 5 Triliun Rupiah. Dengan kapasitas produksi lebih dari 400 ribu kiloliter.

Head of Brand and Communication Lubricant Bussines Unit, Redesmon, mengatakan pelumas pertamina telah diekspor kebeberapa negara seperti Pakistan, Taiwan, Australia, Belgia.

"Pertamina telah mengekspor pelumas ke berbagai negara, paling banyak ke Pakistan," katanya disela-sela Workshop yang bertajuk Strategi Transformasi Pertamina di Tengah Liberalisasi Sektor Retail Perusahaan Minyak di Indonesia, Bogor, Kamis, (21/08). Ekspor pelumas pertamina ke Pakistan menggunakan merek dagang bersama, Zipex, bekerjasama dengan South Korea Energy, tetapi diproduksi di Indonesia.

Hingga akhir tahun 2008 Pertamina telah mengekspor pelumas hingga 10 ribu ton per bulan. Pelumas pertamina diproduksi di tiga kilang yakni, Jakarta, Cilacap dan Surabaya. Menurut Redesmon Pertamina akan membangun kilang pelumas tambahan di Gresik.

Pada tahun 2009 Pertamina berencana ekspansi ekspor ke lima negara tujuan. Namun Redesmon belum mau menyebutkan negara apa saja yang akan menjadi target tujuan ekspor tahun depan.

Target Pertamina untuk tahun depan akan meningkatkan produksi pelumas hingga 100%. (wid)

!-- @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } --> JAKARTA-Nilai penjualan pelumas Pertamina hingga semester akhir 2008

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close