Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Penyelundup Shabu 26,4 Kg Dalam Piston Generator Listrik Ditangkap, 4 Warga Taiwan dan 1 WNI

Selasa, 24 November 2015 – 09:25 WIB
Penyelundup Shabu 26,4 Kg Dalam Piston Generator Listrik Ditangkap, 4 Warga Taiwan dan 1 WNI - JPNN.COM

JAKARTA – Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya berhasil mencokok Empat Warga Negara Asing (WNA) asal Taiwan beserta satu WN Indonesia dengan inisial LCS, SYT, WYC, HSY dan CCC yang merupakan sindikat internasional narkotika jaringan China - Jakarta. Petugas berhasil mengamankan para pelaku karena menyelundupkan shabu seberat 26,4 kilogram ke dalam piston generator listrik.

Untuk mengelabui petugas, pelaku menyembunyikan shabu tersebut ke dalam pipa besi tebal sejenis piston. Piston tersebut diketahui merupakan suku cadang untuk generator listrik. Para pelaku ingin mengelabui para petugas bandara, karena pipa tidak tembus oleh mesin deteksi X-Ray.

“Mereka ini adalah jaringan internasional dalam pengedaran narkotika. Untuk mengelabui petugas pelaku memasukan shabu tersebut ke dalam piston. Untuk membuka piston dibutuhkan alat las khusus,” kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian kepada wartawan, Senin, (23/11).

Piston yang didapat dari para pelaku ada beberapa ukuran. Untuk ukuran kecil, kata Tito, pelaku dapat memasukan tiga kilogram sabu ke dalamnya. Untuk satu piston bisa dihargai Rp4 miliar.

Pada saat barang tiba dan masih dalam kemasan, disitulah petugas berhasil menangkap pelaku dan barang bukti tersebut di Kios K.2/51 Apartemen Laguna Pluit, Jalan Pluit Timur, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

“Salah satu tersangka berinisial LCS tinggal di sana. Untuk semua tersangka dilakukan penangkapan di Newton Karaoke Hotel Club Ruko Permata Lokasari, Blok B1, Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat,” katanya.

Sementara, papar Tito, pihaknya berhasil menyita barang bukti 26,4 kilogram yang disimpan dalam tabung piston tersebut.

“Kami mendapatkan barang bukti 12 sparepart generator listrik yang masing-masing telah terisi sabu dan satu unit alat pres hidrolik,” ungkapnya.

loading...