Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perajin Seserahan Panen Pesanan

Rabu, 05 September 2018 – 23:33 WIB
Perajin Seserahan Panen Pesanan - JPNN.COM
Perajin seserahan tengah bahagia karena panen pesanan. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Musim nikah di bulan Zulhijah dan Muharam menjadi berkah bagi perajin bingkisan nikah atau biasa disebut seserahan di Pasar Pegirian. Berkah musim nikah, antara lain, dirasakan Khoiriyah. Perempuan 41 tahun itu mengaku kelabakan melayani tingginya permintaan. Sehari bisa ada 50 pembeli yang mendatangi lapaknya. "Biasanya, cuma satu orang. Naiknya sangat tinggi," kata Khoiriyah.

Tingginya permintaan itu sudah diantisipasi. Dia meningkatkan produksi seserahan. Berbagai jenis seserahan dirangkai sendiri. Mulai bingkisan yang berisi sandal, handuk, gelas, hingga sarung perempuan. Harganya bervariasi dan bergantung pada isinya. "Paling mahal yang berisi gelas. Soalnya, lengkap satu set," jelas Khoiriyah.

Menurut dia, seserahan yang berisi barang pecah belah memang paling banyak dicari. Peminatnya bukan hanya warga Surabaya. Pembeli juga datang dari Sidoarjo, Gresik, dan Madura. Ada juga keluarga pengantin yang memesan sejak jauh-jauh hari. Sebab, mereka takut kehabisan stok.

Khoiriyah membanderol barang dagangannya dengan beragam harga. Mulai Rp 40 ribu sampai ratusan ribu rupiah. Nilainya bergantung pada isi dan bentuk. Pasar Pegirian memang dikenal sebagai pusat penjualan seserahan pernikahan. Di kawasan itu, ada sekitar 30 pedagang yang berjualan bingkisan nikah. (hen/c6/eko)

Menurut dia, seserahan yang berisi barang pecah belah memang paling banyak dicari

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close