Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertama, Kapal Kargo Tenaga Surya

Sabtu, 20 Desember 2008 – 09:30 WIB
Pertama, Kapal Kargo Tenaga Surya - JPNN.COM
TOKYO - Jepang semakin serius menunjukkan komitmennya untuk mengurangi emisi global. Kemarin (19/12) Negeri Sakura itu meluncurkan kapal kargo bertenaga surya pertama di dunia. Kapal sepanjang 200 meter tersebut bakal digunakan untuk mengangkut mobil-mobil buatan Jepang yang diekspor.

"Auriga Leader (nama kapal kargo tenaga surya itu, Red) meninggalkan Pelabuhan Kobe hari ini," kata juru bicara Nippon Yusen K.K. yang tidak disebutkan namanya kepada Agence France-Presse (AFP). Auriga Leader adalah hasil proyek gabungan Nippon Yusen K.K. yang tercatat sebagai perusahaan kapal dan distributor minyak Jepang, Nippon Oil Corp.

Kapal seberat 60.213 ton itu mampu mengangkut sekitar 6.400 mobil sekaligus. "Kali ini mobil ekspor yang diangkut adalah produksi Toyota Motor Corp.," ujarnya.

Auriga Leader merupakan kapal terbesar pertama di dunia yang secara total menggunakan energi matahari. Sejauh ini, tenaga surya baru dipakai untuk mendukung fungsi komponen-komponen penunjang kapal. Misalnya, sistem penerangan. Dilaporkan AFP, kapal yang pengerjaannya menelan biaya sekitar JPY 150 juta (sekitar Rp 18,8 miliar) itu memiliki 328 panel tenaga surya. (hep/ami)

TOKYO - Jepang semakin serius menunjukkan komitmennya untuk mengurangi emisi global. Kemarin (19/12) Negeri Sakura itu meluncurkan kapal kargo bertenaga

Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close