Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Pesan Penting Bagi Orang tua yang Anaknya Terpapar COVID-19

Senin, 19 Juli 2021 – 18:10 WIB
Pesan Penting Bagi Orang tua yang Anaknya Terpapar COVID-19 - JPNN.COM
Ilustrasi - Siswa TK B Generasi Ahad i School, Bojonggede Kabupaten Bogor melakukan kegiatan belajar online di rumah melalui video confrence, Jawa Barat, Jumat (27/3). Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Infeksi dan Penyakit Tropis dokter Anggraini Alam mengingatkan para orang tua yang anaknya terpapar COVID-19.

Dokter yang juga anggota Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ini mengatakan anak yang terpapar COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah, cukup diberi asupan vitamin.

Langkah ini sebagai tahap awal, namun jika memiliki gejala lain, perlu diberi obat tertentu.

"Untuk isoman, cukup diberikan vitamin saja," ujar Dr. Anggraini dalam bincang daring bersama IDAI.

Suplemen yang bisa diberikan kepada anak yang bergejala ringan maupun tidak bergejala COVID-19 adalah vitamin C, vitamin D dan mineral seperti zinc.

"Sebenarnya, suplemen itu bisa didapat anak dari makanan. Untuk vitamin D, bisa didapatkan melalui protein seperti telur, ikan, dan keju."

"Untuk vitamin C ada di sayur-sayuranan dan buah-buahan, sementara zinc juga ada di makanan lain (contoh: produk hewani dan kacang-kacangan). Vitamin D bisa didapatkan ketika berjemur di bawah sinar matahari," ucapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan orang tua yang menjalani isoman dengan anak bisa memberikan obat pelengkap jika ada gejala yang mengikuti.