Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pesawat TNI Angkut 14 Orangutan dari Thailand

Kamis, 12 November 2015 – 22:44 WIB
Pesawat TNI Angkut 14 Orangutan dari Thailand - JPNN.COM
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutaan. FOTO: DOK.Puspen TNI for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Sebanyak 14 ekor Orangutan hasil selundupan ke Thailand akhirnya dipulangkan ke Tanah Air dengan menggunakan Pesawat TNI C-130 Hercules A-1332.

Belasan satwa yang diangkut Pesawat Hercules tersebut, dibawa menggunakan kerangkeng dengan pengawasan penuh dari TNI Angkatan Udara, Dokter Hewan, Paramedis dan Keeper (pawang) kedua negara serta perwakilan Duta Besar RI untuk Thailand.

Repatriasi Orangutan seperti ini adalah merupakan yang ketiga kalinya, yaitu pada tahun 2006 telah di repatriasi 48 Orangutan dan tahun 2007 di repatriasi 4 Orangutan.

Pesawat TNI Angkut 14 Orangutan dari Thailand

Orangutan di dalam kerangkeng. FOTO: DOK.Puspen TNI

Kedatangan 14 Orangutan di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta-Indonesia, Kamis (12/11/2015) disambut antara lain oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menlu RI diwakili Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Isti Handayani, Panglima TNI diwakili Pa Sahli Tk. III Bidang Kawasan Khusus & Lingkungan Hidup Brigjen TNI (Mar) Prang Verry Kunto Guratno serta para Dirjen Kementerian Kehutanan RI.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar  mengatakan, setibanya di Indonesia 14 Orangutan ini akan menjalani proses karantina di instalasi karantina Taman Safari Indonesia-Bogor. Taman Safari dipilihan sebagai tempat karantina karena telah mendapatkan pengakuan internasional. Hal itu untuk memastikan status kesehatannya.

Menurut Siti Nurbaya, tindakan rehabilitasi akan dilakukan untuk memulihkan baik kesehatan maupun perilaku liarnya. Apabila kesehatan dan perilaku liarnya dapat pulih, Orangutan tersebut akan dilepasliarkan kembali ke habitat alaminya sesuai dengan hasil tes DNA.

JAKARTA – Sebanyak 14 ekor Orangutan hasil selundupan ke Thailand akhirnya dipulangkan ke Tanah Air dengan menggunakan Pesawat TNI C-130 Hercules

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close