Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pesimistis Gagasan Poros Parpol Islam Bakal Terwujud

Sabtu, 19 April 2014 – 16:06 WIB
Pesimistis Gagasan Poros Parpol Islam Bakal Terwujud - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Pol-Tracking Insitute, Hanta Yuda menilai gagasan tentang pembentukan poros partai-partai Islam sebagai hal yang sangat menarik. Namun, ia meyakini ide itu akan sulit terealisasi karena poros partai Islam yang disebut Koalisi Indonesia Raya pasti akan bergabung ke satu dari tiga poros yang sudah ada, yakni PDIP, Golkar dan Gerindra.

"‎Sejak hari pertama diumumkan quick count terbentuk tiga poros, yakni Jokowi dengan PDI, Prabowo dengan Gerindra, dan Ical (Aburizal Bakrie, red) dengan Golkar. Sampai hari ini peluang besarnya poros Islam bergabung dengan tiga poros itu," kata Hanta dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (19/4).

Hanta menambahkan, partai Islam memang memiliki peluang untuk membentuk poros tersendiri di luar ketiga poros yang sudah ada. Namun, kata dia, peluang untuk menciptakan poros itu kecil.

Menurut Hanta, ada beberapa tantangan dalam membentuk poros partai Islam. Yang utama adalah harus ada figur kuat baik di internal dan eksternal. Kemudian harus ada figur yang menjadi jangkar komunikasi di antara partai-partai Islam.

Apabila nantinya poros itu terbentuk, Hanta mengusulkan partai-partai Islam bisa membentuk suatu konvensi. "‎Kalau bisa bergabung, bisa ada konvensi partai Islam," tandasnya. (gil/jpnn)

JAKARTA - Direktur Eksekutif Pol-Tracking Insitute, Hanta Yuda menilai gagasan tentang pembentukan poros partai-partai Islam sebagai hal yang sangat

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close