Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Petugas Gagalkan Penyelundupan Daging Celeng Ilegal

Sabtu, 21 Juli 2018 – 12:32 WIB
Petugas Gagalkan Penyelundupan Daging Celeng Ilegal - JPNN.COM
Petugas BKP kelas II Cilegon menggagalkan aksi penyelundupan daging celeng ilegal. (Foto: Humas BKP/jpnn)

jpnn.com, CILEGON - Balai Karantina pertanian (BKP) kelas II Cilegon berhasil menggagalkan aksi penyelundupan 4,6 ton daging celeng ilegal di dermaga lima Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (20/7).

Daging celeng ilegal itu ditemukan di sebuah truk boks dengan nomor polisi G 1450 LD yang baru keluar dari KMP ALS yang bertolak dari Pelabuhan bakauheni, Lampung.

Truk boks dihentikan karena dicurigai memuat daging hewan ilegal dan tanpa dilengkapi dokumen kekarantinaan.

"Setelah kita lakukan pemeriksaan, ternyata benar (truk) bermuatan daging celeng. Modusnya daging celeng ini dibungkus dengan plastik tanpa pendingin dilapisi kardus dan karung putih dan diletakkan di bagian bawah boks," urai Kepala BKP Kelas II Cilegon Raden Nurcahyo Nugroho dalam siaran resmi, Sabtu (21/7).

Lebih lanjut, Nurcahyo menjelaskan, mereka juga menutup bagian atasnya (tumpukan daging) dengan buah pisang dan daun pisang. total ada 49 karung daging celeng.

Selain itu, tiga orang penumpang (1 sopir dan 2 orang kernet) yang saat ini sudah diamanakan terang Nurcahyo membuat segel sebuah lembaga pemerintah dan menempelkannya di pintu boks yang ditutup rapat untuk mengelabui petugas.

"Menurut keterangan yang membawanya, truk ini dari Palembang dan rencananya akan dibawa ke Solo," tambahnya.

Saat ini, truk yang memuat daging celeng ilegal sebagai barang bukti dan 3 orang penumpang telah diamankan untuk penyelidikan lebih lanjut berdasarkan Undang-undang nokor 16 tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan. (mg8/jpnn)

Balai Karantina pertanian (BKP) kelas II Cilegon berhasil menggagalkan aksi penyelundupan 4,6 ton daging celeng ilegal di dermaga lima Pelabuhan Merak, Cilegon.

Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close