Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Piala Eropa 2016, Mesin Pencetak Uang UEFA

Kamis, 07 Juli 2016 – 12:10 WIB
Piala Eropa 2016, Mesin Pencetak Uang UEFA - JPNN.COM
Piala Eropa. Foto istimewa

jpnn.com - AJANG Piala Eropa 2016 kembali dimulai hingga 10 Juli mendatang. Para penggemar sepak bola di seluruh dunia, termasuk Indonesia, terus menanti pertandingan-pertandingan yang diselenggarakan di Prancis itu.

Menurut laporan Bloomberg, UEFA (Union of European Football Associations), ajang ini mampu menjadi pencetak uang bagi asosiasi itu. UEFA bahkan memperkirakan mampu mencetak pendapatan USD 2,2 miliar atau sekitar Rp 29,22 triliun.

Pendapatan itu lebih besar dibanding penyelenggaraan di ajang sebelumnya pada 2012, yang menghasilkan pendapatan EUR 1,4 miliar atau setara Rp 21 triliun. Target itu bukan hal mustahil.

Di ajang tahun ini, terdapat 24 negara yang turut serta, sedangkan di 2012 hanya ada 16 negara. Pendapatan itu berasal dari penjualan tiket, sponsor dan hak siar.

Direktur Pemasaran UEFA Guy-Laurebt Epstein mengatakan, hak siar ajang ini sekitar EUR 1,05 miliar atau Rp 15,7 triliun, naik 25 persen dibanding pada 2012. Karena itu, tak heran bila Piala Eropa 2016 bak mesin pencetak uang.

Terlebih berbagai sponsor sudah mengantre untuk terlibat dalam ajang itu. Seperti Adidas, Coca-Cola, Carlsberg, dan Hyundai yang tertarik menjadi sponsor untuk melakukan berbagai aktivitas pemasaran dengan menyertakan simbol Piala Eropa 2016, untuk mendongkrak penjualan.

Adidas misalnya, merek ini berkesempatan membuat bola resmi untuk Piala Eropa 2016 dan memasarkannya di jaringan ritel mereka. Bola bernama ‘Beau Jeu’ itu dipasarkan seharga USD 160 atau Rp 2,1 juta.

Tak hanya itu, Adidas juga melakukan sejumlah program terkait Piala Eropa. Tak heran bila penyelenggaraan Piala Eropa 2016, dijadikan sebagai ajang pesta bagi merek-merek ternama di dunia. (adv/bca/chi/jpnn)

AJANG Piala Eropa 2016 kembali dimulai hingga 10 Juli mendatang. Para penggemar sepak bola di seluruh dunia, termasuk Indonesia, terus menanti pertandingan-pertandingan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close