Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pimpin Upacara HUT RI di Area Freeport, Menteri Jonan Dikritik

Minggu, 18 Agustus 2019 – 19:32 WIB
Pimpin Upacara HUT RI di Area Freeport, Menteri Jonan Dikritik - JPNN.COM
Ignasius Jonan. Foto: JPNN

jpnn.com, PAPUA - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dinilai tidak memiliki etika layaknya seorang pejabat negara. Hal tersebut terjadi saat Jonan mengikuti upacara peringatan HUT ke-74 RI di dataran tinggi Tembagapura, Mimika, Papua, tepatnya di area PT Freeport Indonesia.

“Ada etik yang semestinya dijaga Jonan terkait status freeport yang bukan BUMN atau milik ESDM,” kata Direktur Eksekutif Indonesian Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah dalam keterangannya, Minggu (18/8)

Menurut Dedi, meskipun Freeport Indonesia mengantongi surat izin khusus dari Pemerintah untuk mengelola kekayaan tambang di Papua, tetapi Freeport tetap saja korporasi yang seharusnya memiliki relasi di luar koridor pemerintah. 

BACA JUGA: PoD Blok Masela Disetujui, Indonesia Dapat Apa?

Menurut Dedi, apa yang dilakukan oleh Jonan saat memimpin upacara di Area PT Freeport seolah menunjukkan pesan bahwa perusahaan tersebut di bawah kendali Pemerintah Indonesia. "Jadi ini semacam legitimasi, jika Freeport berada di bawah kendali ESDM," demikian Dedi. 

Saat peringatan hari kemerdekaan, Menteri ESDM, Ignasius Jonan menjadi inspektur upacara pengibaran bendara merah putih di kawasan yang berdekatan dengan tambang Freeport, Tembagapura, Mimika, Papua. 

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (FI) Tony Wenas dan para manajemen PT FI termasuk para pekerja ekspatriat Freeport turut hadir dalam upacara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIT. Acara dihadiri oleh ribuan peserta khususnya para pekerja PT FI dan warga. (jpnn)

Menteri ESDM Ignasius Jonan dikritik lantaran mengikuti upacara peringatan HUT ke-74 RI di area PT Freeport Indonesia.

Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close