Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pimpinan TNI tak Kompak, Prajurit Dibuat Bingung

Senin, 09 Juni 2014 – 21:18 WIB
Pimpinan TNI tak Kompak, Prajurit Dibuat Bingung - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing mengatakan pimpinan Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus menunjukkan sikap yang solid menghadapi pemilihan presiden (Pilpres) 9 Juli 2014. Menurutnya, jika pimpinan TNI tidak kompak, tidak hanya prajurti menjadi bimbang tapi publik juga dibuat bingung.

"TNI harus solid hadapi Pilpres. Jangan antar pimpinan di TNI malah terkesan tidak solid yang berujung publik menjadi bingung dan prajurit jadi bimbang," kata Emrus Sihombing di Jakarta, Senin (9/6).

Pernyataan Emrus ini disampaikan terkait dengan kesan publik yang muncul dari sikap berbeda antara Panglima TNI dan KASAD dalam menanggapi aksi Babinsa yang diduga mengarahkan warga untuk memilih kepada salah satu pasangan calon.

Menurut Emrus, rezim ketidaknetralan TNI sudah berakhir sejalan dengan berakhirnya Orba. Karenanya, aparat TNI yang paling tinggi  hingga Babinsa harus netral dan taat terhadap UU dan perintah atasan.

"Di militer, perintah atasan sama dengan "konstitusi " yang tak tertulis yang harus ditaati dan dilakukan,bukan untuk diperbincangkan," katanya.

Emrus kemudian mengingatkan dengan bahwa tidak boleh ada dua matahari yang bersinar ditubuh TNI.

"Antara KSAD dan Panglima TNI tidak boleh ada perbedaan dalam implementasi tugas dan tanggung jawab kemiliteran. KASAD harus taat pada Panglima. Panglima taat pada Presiden. Kalau presiden katakan netral ya harus netral," ucapnya. (jpnn)

JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing mengatakan pimpinan Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus menunjukkan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA