Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PLN Indonesia Power Paparkan Pengembangan Carbon Capture Storage di Dubai

Kamis, 07 Desember 2023 – 15:44 WIB
PLN Indonesia Power Paparkan Pengembangan Carbon Capture Storage di Dubai - JPNN.COM
PLN Indonesia Power digelaran United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) COP28 yang digelar pada 30 November - 12 Desember 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab. Foto dok PLN Indonesia Power

jpnn.com, DUBAI - PLN Indonesia Power menegaskan komitmennya dalam transisi energi dan mengakselerasi dekarbonasi kepada dunia digelaran United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) COP28 yang digelar pada 30 November - 12 Desember 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Dalam konferensi tingkat global ini, PLN Indonesia Power memaparkan pengembangan Carbon Capture Storage (CCS) di pembangkit PLN sebagai langkah agresif PLN Group mendukung pemerintah Indonesia mengakselerasi dekarbonisasi dan mencapai Net Zero Emissions (NZE) pada 2060.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra menyampaikan, PLN telah melakukan kajian untuk memprioritaskan melakukan retrofit CCS pada pembangkit listrik fosil.

Perusahaan juga telah memetakan 19 pembangkit fosil berkapasitas besar serta potensi kapasitas penyimpanannya.

“Kami bersama PLN berkomitmen penuh untuk mengakselerasi dekarbonasi di Indonesia. Salah satu programnya adalah pengembangan CCS untuk 19 PLTU batubara PLN, di mana 9 PLTU milik PLN IP, program ini untuk mendukung transisi energi menuju Net Zero Emission 2060,” tutur Edwin.

Ke depan PLN akan menjalin kerja sama dengan mitra profesional untuk melakukan kajian teknis lebih lanjut dan melaksanakan uji coba pada pembangkit listrik.

Mengusulkan regulasi yang memungkinkan proyek CCS dapat meningkatkan ketersediaan penyimpanan karbon di seluruh negara dan dukungan pendanaan.

Serta menjajaki opsi pembiayaan untuk proyek CCS agar layak secara ekonomi bagi industri ketenagalistrikan di Indonesia dengan kombinasi kepemilikan dan pajak karbon.(chi/jpnn)

PLN telah melakukan kajian untuk memprioritaskan melakukan retrofit CCS pada pembangkit listrik fosil.

Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close