Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pondokan CJH Rampung 78 Persen

Sabtu, 18 April 2009 – 21:41 WIB
Pondokan CJH Rampung 78 Persen - JPNN.COM
JAKARTA - Departemen Agama sudah merampungkan seluruh pemesanan pemondokan untuk jemaah calon haji (JCH) asal Indonesia di Kota Mekah. Sekitar 74 persen jemaah akan menempati pemondokan yang berada di ring 2 atau terjauh 7.000 meter dari Masjidil Haram. Sementara, yang akan menempati pemondokan di ring 1 atau berjarak paling jauh 2.000 meter dari Masjidil Haram hanya sekitar 26 persen.

Kendati begitu, Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Depag RI Abdul Gafur Djawahir mengungkapkan, sebanyak 26 persen di ring 1 merupakan suatu kemajuan dari musim haji tahun lalu, 1429 hijriyah/2008, yang hanya 18 persen. “Musim haji tahun 2009 ini, soal pemondokan ada kemajuan sedikit. Kalau dulu hanya 18 persen jemaah kita di ring satu, musim haji tahun ini naik menjadi 26 persen. Selain itu, 1230 hijriyah ini tak ada jemaah yang berada di ring 3. Jemaah kita semuanya dapat di ring 1 dan 2,” papar Gafur kepada JPNN di Jakarta, Sabtu malam (18/4).

Dia mengatakan, sekarang perluasan masjidil haram masih dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi. “Kita beruntung bisa dapat 26 persen di ring 1, soalnya sekitar masjidil haram pemondokan yang disewakan sudah habis. Belum lagi banyaknya pemondokan yang diperbaiki,” tegasnya.

Gafur menerangkan, jemaah asal Indonesia akan disebar pada lima titik. Khusus yang ditempatkan di ring 2 akan dipondokkan di kawasan Aziziah, Bahutma, dan Zahir. Kawasan Aziziah saja mampu menampung sekitar 30 ribu jemaah dari sekitar 207 ribu jemaah Indonesia. “Kalau jemaah di ring satu bisa jalan kaki ke masjidil haram. Untuk jemaah kita di ring dua, disiapkan transportasi yang disediakan oleh pemerintah Arab Saudi,” kata dia.(gus/JPNN)

JAKARTA - Departemen Agama sudah merampungkan seluruh pemesanan pemondokan untuk jemaah calon haji (JCH) asal Indonesia di Kota Mekah. Sekitar 74

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close