Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prabowo Minta Panglima TNI Siapkan Pesawat Penjemput Alkes Corona di Tiongkok

Kamis, 19 Maret 2020 – 20:20 WIB
Prabowo Minta Panglima TNI Siapkan Pesawat Penjemput Alkes Corona di Tiongkok - JPNN.COM
Menhan Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan Wakil Ketua Komisi Militer Pusat China (CMC) Xu Qiliang. Foto: ANTARA/HO-KBRI Beijing/mii

jpnn.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ikut turun tangan dalam upaya melawan penyebaran virus corona (COVID-19). Mantan Danjen Kopassus itu telah meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyediakan pesawat guna mengambil alat kesehatan di Shanghai, Tiongkok.

Prabowo menyampaikan permintaannya Rabu (18/3) melalui surat bernomor B/667/M/III/2020 tentang Pengambilan Alat Kesehatan. "Menhan Prabowo Subianto meminta penggunaan pesawat TNI untuk mengambil alat-alat kesehatan dari Shanghai," kata Juru Bicara Menhan RI Dahnil Anzar Simanjuntak dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/3).

Permintaan Prabowo ke Hadi tersbut sesuai dengan hasil rapat terbatas dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada 16 Maret 2020. Alat kesehatan yang akan diambil dari Tiongkok itu diharapkan bisa membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dalam menekan wabah corona di Indonesia.

Adapun alat kesehatan yang akan dijemput menggunakan pesawat TNI adalah disposable masks, N95 masks, protective clothing (pakaian pelindung), goggles (kacamata), gloves (sarung tangan), shoe covers (penutup sepatu), infrared thermometer (termimeter infrmamerah) dan surgical caps atau penutup kepala untuk tenaga medis.

"Nantinya bisa digunakan oleh tim medis Kemenhan dan TNI untuk membantu Gugus Tugas Covid-19 dan para dokter yang sudah berjuang di lapangan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran coronavirus," tutur Dahnil.

Mantan ketua umum Pemuda Muhammadiyah itu menambahkan, TNI akan memberangkatkan pesawatnya ke Tiongkok paling lambat dua hari ke depan. Walakin, Dahnil tidak memerinci jumlah pasti alat kesehatan yang didatangkan dari Tiongkok.

"Segera satu atau dua hari ini (pesawat akan diberangkatkan). Untuk barang itu G to G (government to government, red), hibah," dia.(mg10/jpnn)

Prabowo Menteri Terbaik?

Menhan Prabowo Subianto menyurati Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto guna menyediakan pesawat untuk menjemput alkes penanggulangan virus corona di Tiongkok.

Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close