Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prancis Beri Pinjaman Lunak untuk BMKG

Selasa, 21 Desember 2010 – 13:59 WIB
Prancis Beri Pinjaman Lunak untuk BMKG - JPNN.COM
BILATERAL - Sekjen Kemlu Prancis dan Dirjen Amerop Kemlu RI, usai penandatanganan kesepakatan bilateral. Foto: Arsito Hidayatullah/JPNN
JAKARTA - Bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (21/12), pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Prancis menggelar Forum Konsultasi Bilateral (FKB) II. Dalam forum pertemuan antara pejabat senior kedua negara ini, delegasi Prancis dipimpin oleh Sekjen Kementerian Luar Negeri (Kemeelu) Prancis, Pierre Sellal, sedangkan dari Indonesia dipimpin oleh Dirjen Amerika dan Eropa (Amerop) Kemenlu, Retno LP Marsudi.

Menariknya, seiring dengan pertemuan bilateral tersebut, Prancis memastikan sepakat untuk memberi bantuan kepada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia, khususnya berupa dana pinjaman lunak (soft loan). Disebutkan, dalam kesepakatan yang baru memasuki tahap penandatanganan financial protocol itu, bantuan yang akan diberikan berjumlah sebesar 30 juta Euro. Dana ini terutama ditujukan untuk peningkatan kemmapuan sistem dan perangkat sensor cuaca BMKG yang akan ditempatkan di berbagai wilayah di Nusantara.

Kepada wartawan, dalam sesi joint press conference seusai pertemuan, Retno mengutarakan bahwa pada dasarnya ada berbagai hal yang dibicarakan oleh kedua belah pihak dalam pertemuan tersebut. Mulai dari rancangan kerjasama bidang politik, ekonomi, hingga sosial, budaya dan keagamaan, termasuk juga di bidang pertahanan keamanan. Intinya, kata Retno pula, baik RI maupun Prancis sama-sama bersepakat untuk meningkatkan strategic partnership ke depannya.

"Termasuk juga dalam hal ini sempat kita bicarakan, mengenai kemungkinan kunjungan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy ke Indonesia, dalam beberapa waktu ke depan. Namun yang sudah jelas adalah, dalam kerangka interfaith dialogue yang juga menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah Prancis, mereka dalam tahun depan sudah berencana akan mengirim tim untuk berkunjung ke sini," papar Retno.

JAKARTA - Bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (21/12), pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Prancis menggelar Forum Konsultasi Bilateral

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close