Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Praperadilan Aiman Terkait Penyitaan Telepon Seluler Ditolak, Begini Alasan Hakim

Selasa, 27 Februari 2024 – 17:43 WIB
Praperadilan Aiman Terkait Penyitaan Telepon Seluler Ditolak, Begini Alasan Hakim - JPNN.COM
Aiman Witjaksono setelah mengikuti jalannya putusan sidang praperadilan di PN Jakarta Selatan, Selasa (27/2/2024). ANTARA/Khaerul Izan

jpnn.com, JAKARTA - Gugatan praperadilan yang diajukan Aiman Witjaksono atas penyitaan telepon seluler, kartu SIM, akun media sosial, dan email oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya ditolak Hakim Tunggal Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Hakim Tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Delta Tama dalam pertimbangannya menyatakan bahwa surat penetapan penyitaan yang dikeluarkan oleh PN Jaksel adalah sah.

"Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata Hakim Delta Tama saat membacakan putusan gugatan praperadilan tersebut, Selasa.

Delta mengatakan penyitaan dilakukan oleh termohon dalam hal ini penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya sah.

Sehingga, kata Delta, petitum yang diajukan oleh pemohon dari angka satu sampai lima dinyatakan ditolak seluruhnya.

"Menimbang bahwa permohonan pemohon ditolak, maka pemohon adalah pihak yang dikalahkan. Maka kepadanya dibebankan untuk membayar biaya perkara ini sejumlah nihil," tuturnya.

Sidang praperadilan antara pemohon Aiman Witjaksono dan termohon penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya hanya berlangsung tujuh hari.

Aiman Witjaksono mengajukan permohonan praperadilan kepada PN Jaksel terkait penyitaan telepon genggam, media sosial, dan email oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, karena dinilai cacat hukum formil. (antara/jpnn)

Hkim menolak gugatan praperadilan yang diajukan Aiman Witjaksono atas penyitaan telepon seluler oleh penyidik Polda Metro Jaya.

Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close