Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prediksi Kapolda Metro Jaya soal Jumlah Pemudik Lebaran: Angkanya Jutaan

Selasa, 11 Mei 2021 – 17:28 WIB
Prediksi Kapolda Metro Jaya soal Jumlah Pemudik Lebaran: Angkanya Jutaan - JPNN.COM
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Larangan mudik ternyata tak sepenuhnya memupus keinginan warga di DKI Jakarta dan sekitarnya pulang ke kampung halaman. Sebab, ada jutaan orang yang tetap mudik jelang Lebaran 2021.

"Masyarakat yang keluar dari Jakarta diperkirakan sekitar 1,2 juta," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di kantornya, Selasa (11/5), usai menggelar rapat koordinasi dengan Kodam Jaya dalam rangka pengamanan arus balik.

Mantan Kapolda Jawa Timur itu mengatakan angka tersebut merupakan jumlah warga yang meninggalkan DKI Jakarta jelang larangan mudik mulai diberlakukan pada 6 Mei lalu.

Jumlah itu merupakan hitungan polisi terhadap warga yang mudik menggunakan transportasi pesawat, kereta api, dan kendaraan darat lainnya.

Sebelum penerapan larangan mudik, pemerintah telah memperketat perjalanan dalam negeri. Masyarakat yang hendak bepergian wajib mengantongi surat izin keluar masuk (SIKM) dan keterangan hasil tes negatif Covid-19.

Menurut Fadil, Polri dan TNI menggelar rapat koordinasi untuk mengantisipasi arus balik ke Jakarta setelah libur Lebaran berakhir. 

"Kami kerjakan dan sepakati, seperti, melaksanakan kolaborasi dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana, red) dan Pemprov DKI Jakarta untuk memperkuat bandara, stasiun, pelabuhan dan rest area," ujar Fadil.(cr3/jpnn)

 

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Polda Metro Jaya menggandeng TNI, BNPB dan Pemprov DKI guna memperketat pengawasan arus balik Lebaran.

Redaktur & Reporter : Fransiskus Adryanto Pratama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close