Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Presiden Iran Tolak Mentah-Mentah Ajakan Donald Trump

Selasa, 27 Agustus 2019 – 23:32 WIB
Presiden Iran Tolak Mentah-Mentah Ajakan Donald Trump - JPNN.COM
Presiden Iran Hassan Rouhani. Foto: AFP

jpnn.com, TEHRAN - Presiden Hassan Rouhani kembali menegaskan bahwa Iran sama sekali tidak berminat membuka dialog dengan Amerika Serikat selama sanksi masih berlaku. Hal itu disampaikannya menanggapi Presiden AS Donald Trump yang mengaku siap bertemu demi mengakhiri sengketa nuklir.

"Teheran tak pernah menginginkan senjata nuklir," kata Rouhani dalam pidato sebagaimana dikutip Reuters, Selasa (27/8).

Dia menambahkan negaranya sejak dulu selalu siap untuk mengadakan pembicaraan. "Tapi pertama, AS mesti bertindak dengan mencabut sanksi tidak sah, tidak adil dan tidak jujur yang dijatuhkan atas Iran," tutur dia.

"Kami akan terus mengurangi komitmen kami berdasarkan kesepakatan 2015 jika kepentingan kami tidak dijamin," katanya.

BACA JUGA: Iran Pamerkan Senjata Antirudal Buatan Dalam Negeri, Kemampuannya Setara Milik Rusia

Pada Jumat (23/8) Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif membahas perincian usul Prancis untuk menurunkan ketegangan antara Iran dan AS dan kemudian terbang ke tempat pertemuan puncak G7 untuk melanjutkan pembicaraan itu. Zarif mengunjungi Kota Biarritz di Prancis, tempat para pemimpin G7 mengadakan pertemuan.

Zarif bukan hanya mengadakan pembicaraan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan menteri luar negerinya tapi juga dengan pemimpin Jerman dan Inggris, tiga penandatangan kesepakatan nuklir 2015, yang dikenal dengan nama Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA). (ant/dil/jpnn)

Presiden Hassan Rouhani kembali menegaskan bahwa Iran sama sekali tidak berminat membuka dialog dengan Amerika Serikat selama sanksi masih berlaku.

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close