Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Profil Letjen TNI Ganip Warsito, Kepala BNPB Pengganti Letjen TNI Doni Monardo

Selasa, 25 Mei 2021 – 11:29 WIB
Profil Letjen TNI Ganip Warsito, Kepala BNPB Pengganti Letjen TNI Doni Monardo - JPNN.COM
TNI Letjen TNI Ganip Warsito. Ilustrasi/Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Letjen TNI Ganip Warsito resmi dilantik menjadi kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggantikan Letjen TNI Doni Monardo.

Pergantian ini dilakukan karena Doni Monardo akan purnatugas dari kemiliteran pada 1 Juni 2021. Doni telah mengemban amanat sebagai kepala BNPB sejak Januari 2019.

Penggantinya, Ganip Warsito merupakan alumnus Akademi Kemiliteran (Akmil) 1986. Jenderal berpengalaman di bidang infanteri ini lahir di Magelang, Jawa Tengah (Jateng), 23 November 1963.

Sejumlah jabatan strategis pernah dipegang oleh jenderal bintang tiga itu. Sebelum menjabat kepala BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito adalah Kepala Staf Umum (Kasum) TNI menggantikan Letjen TNI Muhammad Herindra.

Jabatan Kasum dipegang Ganip kurang lebih tiga bulan. Sebelum menjabat Kasum TNI, Letjen Ganip merupakan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III. Kurang lebih dua tahun jabatan itu dipercayakan kepada Ganip.

Kogabwilhan III adalah satuan baru yang langsung berada di bawah Panglima TNI. Markasnya berada di Biak, Papua. Wilayah kerjanya di darat meliputi Pulau Maluku, Pulau Papua. Sementara wilayah laut dan udara ditambah wilayah ALKI-3b dan sekitarnya. Ganip kemudian digantikan oleh Letjen TNI Agus Rohman.

Ganip juga pernah menjabat Pangdivif 2/Kostrad pada 2015-2016. Kemudian, Pangdam XIII/Merdeka (2016-2018), dan Asops Panglima TNI (2018-2019). Hari ini, Ganip dilantik Presiden Jokowi menjadi kepala BNPB di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 79B Tahun 2021, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (boy/jpnn)

Inilah profil Letjen TNI Ganip Warsito yang menggantikan Letjen TNI Doni Monardo sebagai kepala BNPB.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close